Rabu, 02 Mei 2012

Galeri Foto Kegiatan Praktek IPA 1

Ini adalah merupakan kegiatan praktek yang dilakukan SMP N 1 Gabus, semoga anak- anakku di SMP N 1 Gabus menjadi bangga karena tidak semua sekolah mau menerapkan praktek dalam pembelajaran IPA. Dan tetaplah semnangat belajar agar menjadi kebanggaan guru semuanya.


Selasa, 01 Mei 2012

Hari Pendidikan Nasional 2012 Masih Ada PR


PR Pendidikan kita bersama

Kemarin saya berkesempatan menunggui UN SMP di salah satu sekolah yang masih memprihatinkan dengan gedung seadanya dengan atap yang tidak lurus karena sudah termakan usia. Dengan murid seadanya pula bahkan kata kepala sekolahnya "mohon maaf pak ini hanya murid sisa, kita openi kasihan mereka dari pada mereka tidak sekolah, keluyuran kesana kemari tidak jelas". namun hebatnya walaupun sekolah swasta untuk memberi semnagat mereka maka mereka sekolah tanpa biaya.

Ketika saya bertugas piket tidak menjaga saya berjalan-jalan melihat lab.komputer hanya terlihat ada 4 komputer bekas yang tidak terawat dan ada guru yang menyambangi saya "maaf pak kadang komputernya macet tidak bisa berjalan jadi hanya bisa teori saja, hanya bisa beli bekas". Dan lebih memprihatinkan lagi ruanganya hanya sekitar 1,5 meter kali 5 meter sungguh menjadi pandangan memprihatinkan.

Setelah saya mengambil soal UN saya sempatkan untuk bertanya sama mereka "apakah semua yang ada di ruang ini nanti akan meneruskan ke SMA?" , yang lainya diam. dan ada beberapa yang menjawab " jika ada rizki pak, jika tidak ya ngewangi ngarit angon wedus Pak". Ngelus dada.

Setelah akhir dari UN yang ada salah satu teman yang memang baik bagi saya dia bertanya sama mereka " Ayo di baca tulisan di LJUN kalian apa yang kalian tulis!"
"Saya mengerjakan dengan jujur pak!" jawab mereka. Apakah ada pengaruhnya ya tulisan tersbut di mata anak, atau hanya sekedar hanya tulisan tidak bermakna. Setelah pulang di mobil kami sempat bercanda memang benar tulisan di LJUN "saya mengerjakan dengan jujur ,kalau saya ...he teruskan sendiri saja ya.

Dengan membaca tulisan di atas kadang ada sesuatu yang mengganjal ketika kita melihat sekolah dengan fasilitas yang lengkap kadang tidak ada yang menggunakannya. bahkan ada teman facebook yang mengatakan apakah perlu roling guru ya biar fasilatas ICT di sekolah ini dapat dimanfaatkan dengan baik. dan tentunya Bapak Ibu sekalian bisa merasakan juga bagaimna kondisi sekolah Bapak ibu jika ada fasilitas ICT yang lengkap apakah sudah di gunakan? lebih parah lagi jika banyak guru yang tidak bisa mengoperasikan fasilitas tersbut dengan alasan tidak mau ribet.


lagi-lagi jika masalah dengan dana menjadi ironi sekali jika ada sekolah besar dan faforit di kota dengan dana dari pemerintah luar biasa, masih saja menarik dana besar dari wali muridnya, dengan alasan "Jer Basuki Mowo Beo", Kalau mau sekolahnya bermutu ya harus mengeluarkan dana lebih dong. Padahal di dalamnya sama saja atau jika berbeda tak jauh-jauh dari mata, yang jelas berbeda adalah dengan murid yang memang sudah memilki dasar intelegensi yang di atas rata-rata. harusnya sekolah yang faforit kadang tidak hanya study bandingnya ke luar Negeri juga perlu tuh ke sekolah yang seadanya agar mereka tidak seenaknya menarik dana dari wali muridnya.

Lagi-lagi jika kita sempat berpikir jangan sampai hasil UN dengan soal yang sama kwalitasnya antara sekolah yang muridnya di atas rata- rata, fasilitas mewah, guru Wah... dan dengan murid jauh di bawah rata-rata dengan fasilitas seadanya. Tentunya tidak bisa menjadi ukuran yang nyata bagaimana tentang gambaran hasil pendidikan yang ada. Bukan berarti sya menolak UN, karena belum ada jaminan juga bagaimna jika sekolah tidak ada UN..Jadi yang suka menolak UN harus kasih solusi yang jelas untuk pendidikan Negeri ini.

Belum lagi jika kita menganalisa bagimana ya pelaksanaan UN yang ada sebenarnya. Tentunya Bapak ibu guru sudah bisa merasakannya bagimana dalam pelaksananya jika Bapak ibu guru mengawasi di sekolah yang seadanya dan murid seadanya bisa membayangkan juga "Apa yang terjadi?".

Saat teman saya menunggui UN di hari Terakhir sesuai dengan bidang studinya IPA ada kejadian aneh menurut saya. Ada murid yang bertanya kepada saya. "pak mau tanya, boleh tidak?", silahkan jawabnya. Pak apa ya rumusnya ya untuk menyelesaikan soal fisika ini suliitt buanget je? dengan memberi pemakluman pada mereka,teman saya hanya menjawab dengan senyuman belaka.

Dan tentunya kasus di atas masih lebih baik di banding dengan sekolah-sekolah yang ada di pedalam sana dengan fasilitas yang masih jauh- jauh dan jauh dari harapan, dengan kwalitas guru seadanya, dengan alat transportasi yang seadanya juga.

Dengan membaca cerita di atas tentunya banyak PR bagi pendidikan di Negeri tercinta ini di mulai dari kwalitas pendidikan yang masih jauh dari harapan, fasilitas pendidikan yang masih belum memadai di berbagai daerah terpencil, pemeratan kwalitas guru,sistem yang masih perlu perbaikan dan lain sebagainya. Ayo kasih sumbangsih bagi Pendidikan Di Indonesia tidak hanya mencela saja tapi beri solusi bagi pengambil kebijakan yang ada.


"Tentunya tema pendidikan di atas harus diiringi dengan semangat dari seluruh komponen pendiddikan agar bisa terwujud seperti yang diharapkan, walau dengan PR yang masih banyak tentunya kita harus optimis untuk pendidikan di Indonesia dapat menjadi lebih baik lagi"

Senin, 30 April 2012

Cara Menggunakan Triger Dalam Power Point 2010


Sering kita menggunakan powerp point untuk presentasi pelajaran, namun kadang kita kurang memaksimalkan yang ada dalam power point tersebut salah satunya adalah menggunakan triger.
Kali ini saya akan memberikan tutorial dasar penggunakan triger pada power point. hal ini sangat bermanfaat bagi guru yang ingin mengembangkan media pembelajaran interkatif. Semoga bermanfaat


Untuk mendownloadnya silahkan buka link klik di sini lalu klik file dan download.

Rabu, 25 April 2012

I Can Do It (Learning English Language)


Banyak Jalan menuju roma, pepatah mangatakan. Seperti kita juga kita belajar. Guru Juga dituntut untuk belajar, salah satu kemampuan yang sangat di butuhkan saaat ini adalah kemampuan bahasa. Salah satu bahasa yangpenting adalah bahasa Inggris, kata pepatah juga dengan menguasai bahasa kita akan menguasai dunia.

Untuk itu guru perlu waktu untuk belajar, namun banyak kendala jika guru harus kursus karena harus memenuhi kebutuhan pribadi dan kebutuhan yang lainya. Salah satu cara belajar bahasa inggris yang palinbaik adalah langsung praktek, namun juga kendala siapa yang di ajak untuk praktek, karena tidak semua mau untuk belajar bahasa yang satu ini karena sulit.

Namun janganpantang menyerah kawan, banyak jalan menuju Roma. Bagi kita yang sudah mengenal internet tentunya ada banyak video tutorial untuk belajar bahasa inggris, atau kita juga dapat belajar tofel dengan situs-situs penyedianya.

Nah kali ini akan saya ajak anda untuk belajar bahasa inggris melalui Youtube, Mengapa Youtube karena Youtube dengan youtube di sana banyak contoh video yang dapat kita dengarkan suaranya (listeningnya), mengapa hal ini penting karena kadang Bahasa Inggris itu tulisan tidak sesuai dengan ucapanya (pronounya) m nah ini saya pikir yang agak sulit,

Saat saya kursus bahasa inggris tentunya teman-teman banyak yang mengatakan bahwa bahasa inggris saya masih bahasa inggris jawa dengan logat atau pronaun yang salah kaprah, dengan melihat video di youtube tentunya kita bisa juga belajar pronaun dan juga cara pengucapannya.

Nah ini salah satu video yang saya suka untuk belajar pronaun bahasa inggris bersama Mr Duncan From England.

Ini salah satu contoh videonya. silahkan anda Coba jika maka anda akan tertarik akan belajar Bahasa iNggris, karena dengan bahasa yang pelan tidak terlalu cepat dan tidak seperti guru saya waktu itu yang terlalu cepat cara pengucapanya sehingga saya jadi malas untuk belajarnya. he2 ..(banyak alasan)

Hal ini juga bisa digunakan bapak Ibu sekalian untuk model pembelajaran di Kelas sebagai variasi tentunya yang sekolahnya memilki vasilitas internet, dan PG yang mencukupi.



Senin, 23 April 2012

Ruang Belajar IPA

Dalam Ruang Belajar ini, meruakn menu tambahan Guru IPA Pati untuk untuk memberikan kesempatan Anak didikku yang ingin bertanya tentang IPA dan pembelajaran IPA, anda bisa melakukannya disini dengan memberikan memberikan komentar. Mr Widi dan mungkin teman- teman lain siap memberikan jawabanya atau balasan komentarnya.

Untuk guru yang Lain silahkan juga memberikan masukkan yang terbaik bagimna cara mengajar yang baik, bagaimna cara belajar yang baik menurut Anda di sini

Jika malu bertanya di sini bisa juga menuliskan pertanyaan Anda ke email saya slamet.widiantoro95@yahoo.co.id dan hanifahaisyah@gmail.com atau alamat facebook dan twiter saya

TULIP (TUGAS LIBURAN PUASA) kelas 8

Untuk tahun ajaran 2012/2013 pada bulan puasa ini ada tugas buat kelas 8 untuk membuat produk roket air . silahkan anda berkreasi dengan menggunakam boto aqua bekas di sini akan saya berikan linknya :


Waktu yang di berikan 2 minggu. silahkan berkarya. Silahkan buat yang kreatif. danyang paling kreatif, paling bagus peluncurannya akan mendapatkan hadiah dari mirster Widi.

Penilaian : Rangangan roket air, Estetika,Kreatifitas, Uji coba produk,

TUGAS UNTUK KELAS 7 

Agar kalain lebih kreatif dalambelajar IPA maka dalam tahun ajaran 2011/2013 kalin memilki tugas untuk membuat gelas berpancuran menggunakan blotol aqua bekas, hal ini supaya kalain juga dapat mengerti bagaimna cara mengukur volume batu karena di sekolah terbatas gelas berpancurannya. 

Waktu yang di butuhkan adalah 1 minggu, dan dikerjakan 1 kelompok dua orang 1 meja. Untuk lebih lengkapnya caranya kalain bisa melihat ling yang ada di bawah ini!


Adu Nyali Untuk Menumbuhkan Karakter Pemberani


Ini lah salah satu kegiatan siswa yang perlu di ikuti untuk belajar adu nyali sehingga dapat melatih kleberanian siswa.

Dalam hal ini seorang mentor outbount harus dapat memnghubungkannya dalam hal pengambilan keputusan siswa. Keberanian sikap bertindak sehingga dengan outbount akan ada manfaatnya tidak hanya senang-senang saja.

hal ini dapat kita integrasikan dalam pembelajaran karakter pada anak agar anak sigap , dan berani mengambil keptusan saat dia mengalami kesulitan. Yang kadang kita masih sulit mencari anak yang berani mengambil keputusan untuk melangkah ke depan.

Dan tentunya peran guru dan orang tua sangat menentukan untuk mensukeskan pendidikan karakter "menjadi anak pemberani dalam hal membela kebenaran" bukan sebaliknya berani melanggar peraturan.

Kontradiksi Peringatan Kari Kartini !


Tanggal 21 April sering kita peringati hari kartini, dan mungkin setiap sekolah juga melakukan Upacara peringatannya. Apalagi dengan agenda-agenda peringatanya, banyak di gelar. dari mulai memasak, memakai konde, mememaki kebaya. dan lain sebagainya. Yang katanya adalah ikut berpartisipasi dan memerihakan peringatan kartini.

Pernahkah di sekolah Bapak ibu sekalian memeperingati hari kartini dengan anak-naka memakai baju adat jawa yang laki-laki bebgitu juga perempuan seperti foto di atas, Jika pernah mungkin hal ini sudah menjadi biasa. Namun menjadi tidak bisa jika ada lomba anak muda laki-laki dan perempuan berjalan berbarengan di atas pangung bergan dengan tangan dengan baju adat tadi dan hal ini dilombakan disekolah. dengan judul "lomba keluwesan berbusana adat".

Mengapa saya katakan tidak bisa karena di sini ada kontradiksi, bagi sekolah yang banyak menganut muslimnya?

Saat kita belajar Agama (Islam) tentunya Gurunya berkampanye jangan berpacaran, jangan berdekatan jika anda bukan muhkrimnya. Nah bagaimana jika hal ini diterapkan di sekolah atau bahkan dijadikan ajang lomba. Waduh bisa kacau tuh... pikiran anak.

Kadang dalam hati juga kepikiran juga, berapa jumlah biaya yang dikeluarkan saat memakai pakai adat ya.. kira-kira Rp 25.000-Rp50.000 setiap berdandan ke salon atau mungkin lebih. Ketika kita berpikir hidup hemat di Pelajaran PPKn terjadi kontrakdiski lagi, Bayangkan jika banyak sekolah yang mekalukan hal ini berapa jumlah dikeluarkan. Bukankah uang tadi lebih baik jika di kumpulkan dan untuk membeli sebuah buku. Jika kita kembali menengok juga tentunya cita-cita kartini bukan peringatan kartini yang seperti di ataslah yang ingin diharapkan jauh dari itu. Bukankah cita-cita kartini ingin Perempuan-perempuan Indoensia pintar salah satunya dengan membaca.

Namun saya melihat ada sekolah yang kreatif yang tidak melakukan kegiatan seperti di atas dan merubahnya dengan kegiatan yang lain seperti lomba menulis, lomba memasak, atau lomba yang lain yang sesuai dengan cita-cita kartini.


Oh iya Untuk perempuan muslim masih banyak lho, tokoh perempuan islam yang saya pikir lebih hebat dari Kartini Aisyah, Siti Khadijah, Maryam, Fatimah. Baca juga ya kisah-kisah mereka. agar kita lebih bersemangat untuk hidup mencari ilmu sampai hayat