Senin, 16 April 2012

INAICTA Inodensia ICT Award 2012 (Ayo Siapa Ingin Ikut!)

Nah seperti tahun lau tahun ini ada ajangyang bergengsi bagi para pecinta ICT. yaitu INAICTA Inodensia ICT Award 2012. Ajang karya cipta inovasi digital merupakan bagian utama dari hajatan Indonesia ICT Award, sebagai bentuk apresiasi terhadap para pelaku TIK di seluruh tanah air, dan dibuka untuk berbagai kategori.
Kategori-kategori lomba INAICTA 2012 antara lain :

1. Creative & Innovative New Media (Mobile + TV + PC)
2. Digital Entertainment and/or Advergames
3. E-Gov Application
4. Security
5. e-Business & Industrial Application, Enterprise level
6. e-Business & Industrial Application, SME level
7. R&D
8. E-Inclusion
9. Start-up Company
10. e-Learning (Tools & Contents)
11. Student, SD
12. Student, SMP
13. Student, SMA/K
14. Student, Perguruan Tinggi, Application
15. Student, Perguruan Tinggi, Creative on New Media
16. Applicative Robot, SD – SMA/K
17. Applicative Robot, Perguruan Tinggi - Umum

Penjelasan kategorinya klik disini

Ayo teman-teman Guru Seluruh Indonesia Yang memiliki karya silahkan bergabung dalam acara ini, (e-Learning Tools & Contents).Semua karya inovasi dan karya kreatif memanfaatkan TIK , berupa aplikasi perangkat lunak untuk dokumentasi, administrasi, pelacakan, dan pelaporan program pelatihan, ruang kelas dan sesi-online dan program e-learning, dan isi pelatihan/konten pengajaran atau program e-learning dalam kerangka peningkatan kualitas sistem belajar dan mengajar.

Buat murid-muridnya juga ada, diajak tuh murid-muridnya semuanya yang kreatif , Inovatif jangan sampai ketinggalan tetangga, teman , sahabat, enyang, babe di ajak semuanya untuk kategori yang lain . Semakin banyak yang mengikuti semakin baik kompetisinya.

Pendaftaran lomba dibuka pada tanggal 28 Mei 2012 dan ditutup pada tanggal 2 Juli 2012. Ayo segera siapkan Karya Anda.

Untuk mengetahui informasi lebih lengkapnya silahkan anda berkunjung di sini :

  • http://www.inaicta.web.id/
  • Facebook INAICTA
  • Persyaratan Umum

  • Jumat, 13 April 2012

    Soal dan Pembahasan Besaran dan Satuan

    Anak didikku mari kita belajar bersama dengan selalu berlatih mengerjakan soal- soal Besaran dan Satuan yang ada ini semoga dapat bermanfaat, dan dapat meningkatkan kompetensi anak didikku sekalian.
    Klik pembahasan untuk melihat dan menutupnya

    1. Berikan 7 contoh besaran pokok dan satuanya dengan tepat!



    2. Jika diketahui satuan gaya adalah Kg m/s2 maka gaya ini diturunkan dari besaran
    Pembahasan :
    Kita melihat satuanya kg = satuan besaran massa , m = satuan besaran panjang, dan s = satuan besaran waktu. Jadi Gaya diturunkan dari besaran masa, panjang dan waktu

    3.Andi mengukur panjang meja 1,5 meter. Tentukan mana yangtermasuk besaran, nilai besaran dan satuanya?
    Pembahasan :

    Panjang meja 1, 5 meter
    => Panjang = besaran
    =>1,5 meter = nilai besaran
    => meter = satuanya

    4 Apa perbedaan Besaran Pokok dan Besaran Turunan!
    Pembahasan
    Besaran Pokok adalah besaran yang satuannya telah ditentukan lebih dahulu berdasarkan kesepatan Sedangkan besaran turunan adalah besaran yang diturunkan dari besaran pokok
    5. Perhatikan data di bawah ini!
    Massa, volume,
    waktu, massa jenis
    luas,tekanan, panjang
    kuat arus, suhu, gaya
    Berdasarkan data , kelompokkan yang mana termasuk besaran pokok atau besaran turunan
    Pembahasan
    Besaran pokok adalah massa , waktu, panjang dan kuat arus, suhu
    Besaran turuanan adalah luas, volume dan massa jenis, gaya, tekanan

    6. Berikan contoh satuan baku dan satuan tak baku untuk besaran panjang?
    Pembahasan
    Contoh satuan baku panjang diukur dengan satuan km, m, cm,
    Contoh : Panjang diukur dengan satuan depa, hasta, jengkal
    7. Konversikan satun berikut ini!
    a. 1.500 cm = ... m
    b. 2000 gram =........kg
    Pembahasan
    a. 1.500 cm = 1.500 × 1/100m = 15 m
    b. 2.000 g = 2.000 × 1/1.000kg = 2 kg



    8. Konversikan satuan berikut ini!
    a. 1,5 jam = ... menit
    b. 30 l = ....... cm3

    Pembahasan
    a. 1,5 jam = 1,5 × 60 menit = 90 menit
    b. 30.000 cm3



    9. Andi Bekerja dalam sehari 8, 5 jam jika di konversikan dalam secon maka Andi bekerja selama!
    Pembahasan
    Andi bekerja selama 8,5 jam x 60 menit x 60 detik = 30600 jam


    10. Andi memberikan gaya pada meja sebesar 20 N. yang merupakan besaran dan satuan adalah
    Pembahasan :

    Gaya = besaran dan Newton adalah satuannya
    Besaran adalah segala sesuatu yang dapat diukur sedangkan satuan adalah pemabnding dalam pengukuran





    Rabu, 11 April 2012

    Soal Kalor


    1. Pada saat terjadinya perybahan wujud, suhu tetap karena….
    a. tidak terjadi perubahan suhu
    b. hanya wujudnya yang berubah
    c. kalor yang tersedia tidak cukup untuk mengubah suhu sekaligus mengubah wujud
    d. kalor yang diperlukan hanya untuk mengubah wujud tidak untuk mengubah suhu
    2. Banyaknya kalor yang diperlukan 2 kg es -5ºC jika dipanaskan hingga seluruhnya melebur adalah....(ces = 2.100 J/kgºC, L – 336.000 J/kg)
    a. 1.684.200 joule
    b. 1.676.200 joule
    c. 693.000 joule
    d. 676.200 joule
    3. Banyaknya kalor yang diperlukan jika 5 kg air dipanaskan hingga mendidih adalah....(cair = 4.200 J/kgºC, U = 2.200.00 J/kg)
    a. 32 kJ
    b. 1.100 kJ
    c. 2.100 kJ
    d. 3.200 kJ
    4. Ketidakmurnian zat dapat menurunkan titik lebur zat, ini digunakan dalam prinsip....
    a. penyulingan air murni
    b. pembuatan es krim
    c. pembuatan garam dapur
    d. pembuatan es balok
    5. Merebus sayuran akan lebih cepat empuk jika diberi garam, karena.....
    a. air yang diberi garam dapat mendidih di bawah 100ºC
    b. air yang diberi garam dapat mendidih di atas 100ºC
    c. garam adalah zat yang dapat membuat sayuran cepat empuk
    d. garam dapat menyimpan panas lebih besar daripada air
    6. Jika memasak dagingdalam panci presto (pressure cooker), daging akan cepat empuk karena....
    a. tekanan tinggi pada panci presto dapat menurunkan titik didih
    b. tekanan tinggi pada panci presto dapat menaikkan titik didih
    c. panci presto tersebut terbuat dari logam yang dapat menyimpan panas yang tinggi
    d. panci presto dilapisi bahan yang mengilap
    7. Kawat yang diberi beban dapat melewati es balok tetapi es tetap membeku. Peristiwa ini disebabkan....
    a. tekanan kawat dapat menurunkan titik lebur es
    b. tekanan kawat dapat menaikkan titik lebur es
    c. es melebur kemudian membeku disertai pelepasan kalor
    d. es melepaskan kalor sehingga dapat melebur
    8. Perhatikan gambar!




    Gelas besar tidak menjadi panas karena....
    a. udara sebagai isolator
    b. air sebagai isolator
    c. udara sebagai konduktor
    d. air sebagai isolator


    9. Tidur berselimut akan terasa hangat karena ....
    a. kain sellimut menghalangi udara dingin masuk ke dalam
    b. lebih banyak udara yang terperangkap di dalam selimut menahan suhu dingin dari luar
    c. badan tertutupi kain selimut sehingga terasa hangat
    d. kain adalah bahan isolator panas
    10. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut.
    1) Siang hari udara di daratan lebih panas daripada di lautan.
    2) Siang hari udara di lautan lebih panas daripada di daratan.
    3) Udara di darat massa jenisnya menjadi kecil sehingga bergerak ke atas dan digantikan udara dari laut yang massa jenisnya lebih besar.
    4) Udara di laut messa jenisnya manjadi kecil sehingga bergerak ke atas dan digantikan udara dari darat yang massa jenisnya lebih besar.
    Terjadinya angin darat dapat ditunjukkan oleh pernyataan nomor....
    a. 1 dan 3 c. 2 dan 3
    b. 1 dan 4 d. 2 dan 4
    11. Perhatikan gambar!






    Permukaan alkohol pada pipa A lebih rendah daripada pada pipa B karena ....
    a. warna hitam menyerap kalor lebih bagus sehingga udara dalam pipa A memuai lebih besar dan mendesak alkohol ke bawah
    b. warna hitam memancarkan kalor lebih bagus sehingga udara dalam pipa A memuai lebih besar dan mendesak alkohol ke bawah
    c. warna putih menyerap kalor lebih bagus sehingga udara dalam pipa A memuai lebih besar dan mendesak alkohol ke bawah
    d. warna putih memancarkan kalor lebih bagus sehingga udara dalam pipa A memuai lebih besar dan mendesak alkohol ke bawah
    12. Perpindahan kalor yang tidak disertai perpindahan partikel-partikelnya disebut....
    a. konduksi c. radiasi
    b. konveksi d. konveksi dan radisi
    13. Berikut ini yang termasuk contoh peristiwa yang menunjukkan bahwa air merupakan konduktor panas yang buruk adalah....
    a. Ketika air dalam panci dipanaskan sesaat, panci sudah panas tetapi air belum panas
    b. Tabung berisi air dan dibenamkan es, ketika bagian atas dipanaskan air mendidih sedangkan es di dasar tetap membeku
    c. Air mendidih pada suhu 100ºC sedangkan alkohol mendidih pada suhu lebih rendah yaitu 80 ºC
    d. Nasi panas lebih cepat dingin daripada bubur panas karena bubur panas banyak mengandung air
    14. Dinding termos terbuat dari bahan gelas karena....
    a. gelas merupakan isolator sehingga mencegah perpindahan kaloer secara konduktor
    b. gelas merupakan isolator sehingga mencegah perpindahan kalor secara konveksi
    c. gelas merupakan konduktor sehingga mencegah perpindahan kalor secara konduksi
    d. gelas merupakan konduktor sehingga mencegah perpindahan kalor secara konveksi
    15. Ruang vakum pada termos dimaksudkan untuk mencegah perpindahan kalor secara....
    a. Konduksi c. radiasi
    b. Konveksi d. konduksi dan konveksi

    Selasa, 10 April 2012

    Bagimana Identifikasi Asam Basa dan Garam?

    Tentunya kalian pernah makan buah bukan misalnya jeruk yang masih muda tentunya rasanya masam, bagimna dengan jika kalian tidak sengaja mandi dan air sabun masukmsedikitke mulut tentunya rasanya pahit.
    Hal ini karena memang bahan tersebut berbeda dari sifat kiminya jeruk bersifat asam sedangkan sabun bersifat basa. Apakah ciri asam dan basa yang lain mari kita pelajari bersama. Dan bagaimanakah car mengidentifikasi asam dan basa mari kita juga pelajari.

    A. Asam :
    Menurut ilmuwan yang bernama Arrhenius, asam adalah zat yang dalam air akan melepaskan ion H+. Jadi, pembawa sifat asam adalah ion H+ (ion hidrogen), sehingga rumus kimia asam selalu mengandung atom hidrogen.
    Sifat-sifat larutan asam adalah sebagai berikut setelah diteliti sebagai berikut
    1. Jika dilarutkan akan melepaskan ion hidrogen (H+).
    2. Mengubah lakmus biru menjadi merah.
    3. Bersifat korosif terhadap logam.
    4. Sebagian besar memilki rasanya masam.

    Beberapa contoh zat asam yang banyak sekali berperan di bidang industri adalah asam sulfat (H2SO4) dan asam nitrat (HNO3). Selain itu, di rumah tangga kamu juga mengenal air soda yang merupakan asam karbonat (H2CO3). Di dalam perutmu juga terdapat asam yang disebut asam klorida (HCl). Jumlah asam klorida (HCl) dalam perutmu sedikit, tetapi asam klorida (HCl) ini merupakan asam yang sangat penting dalam proses pencernaan.

    B. Basa :
    Basa adalah suatu senyawa yang jika dilarutkan dalam air (larutan) dapat melepaskan ion hidroksida (OH-). Oleh karena itu, semua rumus kimia basa umumnya mengandung gugus OH.
    Sifat-sifat larutan basa adalah sebagai berikut.
    1. Jika dilarutkan dalam air akan melepaskan ion hidroksida (OH¯).
    2. Mengubah lakmus merah menjadi biru.
    3. Menetralkan larutan asam.
    4. Terasa licin jika terkena kulit.

    Di antara contoh basa yang ada di alam semesta, basa yang sudah banyak dikenal adalah soda api (NaOH) dan amoniak (NH3).

    C. Identifikasi Asam dan Basa dengan Indikator
    Warna kertas lakmus dalam larutan asam, larutan basa dan larutan bersifat netral berbeda. Ada dua macam kertas lakmus, yaitu lakmus merah dan lakmus biru. Sifat dari masing-masing kertas lakmus
    tersebut adalah sebagai berikut.
    a. Lakmus merah dalam larutan asam berwarna merah dan dalam larutan basa berwarna biru.
    b. Lakmus biru dalam larutan asam berwarna merah dan dalam larutan basa berwarna biru.
    c. Lakmus merah maupun biru dalam larutan netral tidak berubah warna.
    Asam dan basa juga bisa di tes dengan indikator universal, indikator digital dan selain itu juga dapat menggunakan indikator alami misalnya bunga sepatu , kubis ungu, bunga randu .

    C. Garam

    Garam adalah senyawa yang terbentuk dari reaksi asam dan basa. Bila garam yang terbentuk ini mudah larut dalam air , maka ion-ionnya akantetap dalam larutan. Reaksi antara asam dan basa akan menghasilkan garam dan air. Jadi reaksi asam dengan basa disebut juga penggaraman.
    Adapun garam yang paling dikenal adalah natrium klorida (NaCl) atau garam dapur. Garam ini digunakan secara luas dalam bidang industri ataupun rumah tangga. Garam ini terdapat dalam air laut dan juga di dalam aliran darah kita.

    Ayo berlatih dan uji kemampuanmu di sini, lihat juga materi yang lainnya!
    Photobucket►Uji KompetensiPhotobucket►Daftar Materi IPA

    Selasa, 03 April 2012

    Cara Membuat Grafik Dengan Exel 2010

    Kadang kita ingin membuat grafik saat melakukanpenelitian tindakan kelas atau membuat soal-soal matematika atau iPA untuk memudahkan kita bisa memnafaatkan exel. Untuk membantu bapakibu guru yang belum bisa membuat grafik dengan exel kali ini saya akan memberikan video tutorial tentang cara membuat grafik dengan exel 2010. semoga bisa bermanfaat
    Untuk mendownload ya kalian bisa klik di sini dengan cara mengeklik file download atau unduh

    Walau Ortuku Nun Jauh di Sana Aku juga Ingin Menjadi Juara (Pendidikan Karakter)

    Hari itu sudah menunjukkan 18.20 petang saya mengantar anak pulang dari lomba Mapel IPA kab. Pati 2012 karena memang rumahnya cukup jauh dari sekolah. Sesampai di rumah saya melihat sesosok nenek tua renta membukakan pintu rumahnya, memang begitulah keseharian anak didikku orang tuanya merantau jauh di pulau tetangga pulang setahun sekali bersama adiknya sehingga dia hanya sama nenekanya di rumahnya. Setelah saya masuk Nenek tua itu mulai mencurahkan isi hatinya "Niki lho nak omahhe muridte Jenengan, bapak lan ibune merantau, Nyuwun sewu lampune kamar tamu mati, lampune kamar niki nggeh mati. ajeng nyuwun tetanggi, lha tetangginya nggeh pada merantau, tinggal tiang-tiang sepuh, mboten saget. Dados nunggoni mangkeh nak enten tiang engkang saget bantu". Hem..!



    Inilah gambaran dilingkungan yang muridnya pada merantau, Kadang di sekolahku ketika kedua ortunya merantau ada sebagian anak yang tidak konsentrasi belajarnya, atau hasil belajarnya tidak maksimal,atau bahkan sering membuat masalah dengan ulahnya dan kadang kita maklum mungkin karena kurang kasih sayang. Namun anak yang kita bina ini lain dari yang lain, Anak ini selalu rajin dalam belajarnya selalu mendapatkan hasil yang baik dalam angka-angka peljaran IPA disekolahnya, selain itu selalu bersahaja walau memiliki kemampuan lebih dari anak yang lain dibidangnya.

    Alhamdulilah dalam lomba Mapel IPA kab. Pati anak ini walau belum menjadi nomer I tapi bisa mendapatkan juara harapan I, karena memang saingannya berat-berat anak RSBI yang memang sudah mengadakan Olimpiade sendiri di bulan Februari lalu. Dan ini sudah merupakan hasil yang terbaik dengan usaha yang dilakukan dan pembinaan yang ada. Maklum sekolah pinggiran sehingga kata orang tinggal "koretan", karena kebanyakan anak yang pintar pergi ke kota "katanya" untuk mendapatkan yang sekolah yang baik. Namun Kata bu Kepala kita harus yakin pasti ada mutiaranya di dalamnya, jika kita bisa mengolahnya dan mengasahnya insyaAlalh akan menjadi yang luar biasa.

    Nah untuk itu ada sdikit mutiara untukmu muridku.

    Hay muridku...
    Orang tuamu jauh meninggalkamu
    Untuk memenuhi kebutuhan hidup dan sekolahmu
    Namun begitu engkau tak boleh sedih dan layu
    Tetaplah bersemangat untuk menuntut ilmu
    dan kerja keraslah meraih impianmu

    Hay Muridku..
    Walau kau belum menjadi nomer satu
    Tapi engkau sudah menjadi yang terbaik bagi gurumu
    Tetaplah bersahaja selalu dengan prestasimu
    dan menjadi kebanggaan teman-temanmu

    Hay muridku..
    Walau ortumu jauh di negeri seribu
    yakinlah Beliau selalu mendoakanmu
    Jika Engkau masih ragu, yakinlah
    Allah selalu bersamamu


    Ucapan selamat buat murid-muridku yang telah memberikan yang terbaik untuk sekolahmu. di ajang tahuan Lomba mapel MGMP IPA kab Pati.



    1. Giza (juara III Mapel Biologi kelas 7)
    2. Dewi Alwiyah ( juara harapan I Mapel Fisika kelas 8)
    3. Tiara Indraswati ( juara Harapan II mapel Biologi kelas 8)
    4. Sri Janati (Finalis Mapel biologi kelas 8)
    5. Maya Nurjanah (Finalis Mapel biologi kelas 8)
    6. Joko Umbaran (Finalis Mapel Fisika kelas 7)
    7. Siti (Finalis Mapel Fisika kelas 7)

    Semoga ini dapat menjadi tradisi juara dari kakak angkatan kalian suduah mendahuluimu, Mas Eri, Mbak Ainun, Mbak Aini, dll. Bagi murid-muridku yang lain mas Yuli mbak Novi dll yang masih belum bisa juara kerja keraslah suatu saat nanti pasti kalian bisa dan jangan patah semangat, terus berusaha dan terus berusaha.

    "Indahnya menjadi Juara jika kita bisa bekerja sama"

    Pendidikan Karakter :
    1. Selalu berusaha menjadi yang terbaik
    2. Semangat untuk berkompetisi
    3. Selalu bersahaja walau menjadi juara
    4. Tidak mudah berputus asa
    5. Suka bekerja keras
    6. Kerja sama yang baik

    Sabtu, 31 Maret 2012

    Menghitung Keterangan Jumlah Siswa yang Tuntas dengan Exel

    Kadang ketika  kita ingin menghitung jumlah nilai yang sudah tuntas dalam mengolah nilai kita , bagaimna cara mengolahnya menggunakan exel kali ni saya akan memberikan video tutorial tentang cara menghitung jumlah siswa yang sudah tuntas dan jumlah siswa yang belum tuntas. 
    Dengan cara yang sama bapak ibu juga bisa menhitung jumlah siswa yang mendapatkan nilai-nilai- tertentu atau jenis kelamin terntentu pula.Semoga bermanfaat bagi bapak ibu  guru sekalian. 



    Jika menginginkan mendonwload tutorial ini silahkan di klik link disini selanjutnya klik file download/unduh.