Selasa, 12 Juni 2012

Soal dan Pembahasan Sistem Koordinasi


Anak didikku mari kita belajar bersama dengan selalu berlatih mengerjakan soal- soal Sistem koordinasi ( saraf) yang ada ini semoga dapat bermanfaat, dan dapat meningkatkan kompetensi anak didikku sekalian.

1.Perhatikan gambar di bawah ini!

Apa Nama - nama bagian pada gambar di atas!

Pembahasan
1.Dendrit
2.Badan sel
3.Inti sel
4.Akson


2.Jelaskan bagian – bagian dari sel saraf di bawah ini!
a. Akson
b. Dendrit

Pembahasan

Akson atau neurit merupakan tonjolan sitoplasma yang
panjang (lebih panjang daripada dendrit), berfungsi untuk
menjalarkan impuls saraf meninggalkan badan sel saraf ke neuron atau jaringan lainnya.
Dendrit adalah serabut-serabut yang merupakan tonjolan
sitoplasma dan berfungsi untuk menjalarkan impuls saraf menuju ke badan sel saraf.

3.Menurut fungsinya, neuron dibedakan menjadi tiga macam
yaitu neuron sensorik, neuron motorik, dan neuron asosiasi.

Pembahasan
Neuron sensorik juga disebut sel saraf indra, karena berfungsi meneruskan rangsang dari peneri-ma (indra) ke saraf pusat (otak dan sumsum tulang belakang).

Neuron motorik (sel saraf penggerak) berfungsi membawa impuls dari pusat saraf (otak) dan sumsum tulang belakang ke otot. Sel saraf ini mempunyaidendrit yang pendek dan akson yang panjang.

Neuron asosiasi atau sel saraf penghubung banyak terdapat di dalam otak
dan sumsum tulang belakang. Neuron tersebut berfungsi menghubungkan atau meneruskan impuls dari sel saraf sensorik ke sel saraf motorik.


4.Perhatikan gambar di bawah ini!

Jelaskan tentang sabuk asteroid yang lintasannya berada di antara mars dan yupiter!

No 1 Otak besar
Otak besar ada beberapa bagian, bagian belakang merupakan pusat penglihatan, sedangkan bagian samping merupakan pusat pendengaran. Bagian tengah otak besar merupakan pusat pengatur kepekaan kulit dan otot yang berhubungan dengan rangsang panas, dingin, sentuhan, serta tekanan. Di bagian tengah dan belakang otak besar terdapat daerah sebagai pusat perkembangan kecerdasan, sikap,
kepribadian, dan ingatan.
No 2 otak kecil manusia adalah sebagai pengatur keseimbangan tubuh dan sebagai pusat koordinasi kerja otot ketika bergerak. Otak kecil terdiri atas dua bagian, yaitu bagian
kiri dan kanan.

5.Dalam bagain otak terdapat sumsum lanjutan Jelaskan fungsinya!
Jelaskan tentang sabuk asteroid yang lintasannya berada di antara mars dan yupiter!

Pembahasan
Sumsum tulang belakang mempunyai dua fungsi utama, yaitu sebagai penghubung impuls yang berasal dari otak serta sebagai pusat gerak refleks

6.Perhatikan gambar di bawah ini!

Jika Andi sedang bermain dia dengan sadar menendang bola. Jelaskan teori gerakan sadar ini dalam sistem koordinasi tubuh kita!

Pembahasan
Gerakan menendang bola, seperti yang dicontohkan pada uraian di atas merupakan gerakan yang kamu sadari sebelumnya. Dengan kata lain gerak terjadi karena adanya perintah dari otak. Gerak yang demikian itu dinamakan gerak biasa. Jalannya rangsang gerak biasa dapat diikhtisarkan sebagai berikut.

Rangsang ——> Reseptor —— > Saraf sensorik —— >Otak ——> Saraf motorik —— >Efektor —— >Gerakan

7.Kadang kita mengalami kaget sehingga terjadi gerak reflek pada tubuh kita. Bagaimanakah alur gerak refleks tersebut

Pembahasan
Gerak refleks terjadi dengan cepat sebagai reaksi otomatis terhadap rangsangan dari lingkungan. Jalan yang dilalui rangsang pada gerak refleks adalah sebagai berikut.
Rangsang ——> Reseptor —— >Saraf sensorik —— >Sumsum
tulang belakang ——> Saraf motorik —— >Efektor ——>
Gerakan

8.Sebutkan kelainan dan penyakit pada sistem saraf manusia!

Pembahasan
1.Ayan/ Epilepsi:.
2.Vertigo,
3.Penyakit Parkinson,.
4.Stroke
5.Tumor otak


9.Untuk menanggapi rangsangan, ada tiga komponen yang harus dimiliki oleh sistem saraf, yaitu reseptor, penghantar impuls dan efektor. Jelaskan perbedaanya

Pembahasan
1.Reseptor, adalah alat penerima rangsangan atau impuls. Pada tubuh kita yang bertindak sebagai reseptor adalah organ indera.
2.Penghantar impuls, dilakukan oleh saraf itu sendiri. Saraf tersusun dari berkas serabut penghubung (akson). Pada serabut penghubung terdapat sel-sel khusus yang memanjang dan meluas. Sel saraf disebut neuron.
3.Efektor, adalah bagian yang menanggapi rangsangan yang telah diantarkan oleh penghantar impuls. Efektor yang paling penting pada manusia adalah otot dan kelenjar.

10.Sebutkan contoh gerak reflek yang sering kalian lakukan dalam kegiatan sehari-hari!

Pembahasan :
Contoh gerak refleks adalah sebagai berikut.
1.Terangkatnya kaki jika terinjak sesuatu.
2.Gerakan menutup kelopak mata dengan cepat jika ada benda asing yang masuk ke mata.
3.Menutup hidung pada waktu mencium bau yang sangat busuk.
4.Gerakan tangan menangkap benda yang tiba-tiba
terjatuh.



Senin, 04 Juni 2012

Convert Parse HTML pada Postingan Blog Kita

Kadang kita ingin menampilkan kode action scrip pada postingan kita. Nah di bawah ini adalah untuk menkonvert kode Action scrip sebelum di pasang di postingan kita misalnya kita mau memasang Action Scrip ]]></b:skin>
pada blog kita maka kita harus mengkonvert kode ]]></b:skin> ke dalam konverter di bawah ini selanjutnya di convert maka akan terlihat kode   untuk di pasang di blog kita selamat mencoba

Sabtu, 02 Juni 2012

Galeri Foto Prestasi Mr. Widi

Sungguh indah momen-momen kompetisi ini dan begitu banyak nilai yang ku dapatkan arti sebuah perjuangan , dan banyak kudapatkan mendapatkan sahabat-sahabat yang selalu gigih dan tekun untuk meraih sesuatu yang mereka harapkan, Ku dapatkan juga figur-figur seorang guru-guru yang hebat dan dapat saya jadikan contoh-contoh dalam perjuangannya menjadi seorang guru.


Jumat, 01 Juni 2012

Tata Surya Kita Yang Begitu Luar Biasa Indahnya

Mengapa saya katakan tata surya kita luar biasa karena ketika memikirkan bagaimana cara terbentuknya , siapa yang menciptkannya, mengapa bisa terjadi ketaraturan yang begitu luar biasa? pertanyaan ini selalu muncul di benak kita ketika kita mengaku sebagai seorang beriman.

Dengan percaya Allahlah yang telah menciptakanyabegitu luarbiasanya, Allahlah yang membuat ketraturan dan kesimbangan alam semesta ini, dan Alalhlah yang maha tahu mengapa tercipta bentuk bagian-bagian tata surya yang begitu indahnya. Subhanallah Maha suci Allah.

Nah marilah untuk mensyukuri Nikmat yang di berikanya kita mencoba mengenal Apa saja yang ada di Tata surya kita.

1. Planet

Planet merupakan objek langit yang mengitari matahari yang memiliki bidang orbit yang eksklusif, bersih dari objek lain di sekitarnya serta memiliki massa yang cukup untuk gaya gravitasi sehingga mampu mempertahankan bentuknya.

Berdasarkan definisi di atas planet hanya ada delapan yaitu Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus . Jika dilihat dari sabuk asteroid, planet Merkurius, Venus, Bumi, dan Mars disebut planet dalam, sedangkan Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus disebut planet luar.


Kebanyakan planet-planet berputar pada sumbunya searah dengan arah putaran Bumi, hanya Venus yang mempunyai arah perputaran yang berlawanan. Di mana arah peredaran planet-planet berlawanan arah jarum jam.

Merkurius kemudian Venus. Temperatur kedua planet pada siang hari sangat tinggi. Karena itu planet Merkurius hampir tidak mempunyai atmosfer. Sebaliknya Venus terselubung atmosfer yang tebal sehingga merintangi pandangan kita ke permukaannya. Karena terselubung awan putih yang tebal maka planet Venus sering disebut bintang pagi atau bintang senja. Atmosfer di Venus kebanyakan terdiri atas gas karbondioksida. Suhu di Venus pada siang hari mencapai 500° C.

Sampai sekarang planet yang terus diteliti dan diperkirakan mungkin terdapat kehidupan adalah planet Mars. Di antaranya pada tahun 1976. Ekspedisi luar angkasa "Viking" didaratkan di
Mars untuk meneliti keadaan di planet Mars. Di seberang Mars terdapat planet berukuran besar/raksasa, yaitu Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus. Planet yang terbesar adalah planet Jupiter dengan ukuran atau volumenya 2300 kali volume Bumi. Sedangkan planet

Saturnus adalah planet terbesar kedua dengan jari-jari 60.000 kilometer. Angkasanya hanya mengandung gas hidrogen dengan sabuk-sabuk awan yang memantulkan sinar matahari dengan baik. Terlihat seperti cincin yang melingkari planet. Uranus dan Neptunus disebut planet kembar. Garis tengahnya kira-kira empat kali garis tengahBumi.

Planet-planet juga mempunyai satelit yang mengedarinya. Arah peredaran satelit sama dengan arah peredaran planetnya. Bidang edarnya hampir berimpitan dengan bidang edar planet.

2. Komet

Komet merupakan rangkaian cahaya yang bergerak dari satu konstelasi ke konstelasi lain di antara bintang-bintang. Rangkaian cahaya komet memperlihatkan seperti untaian rambut panjang, oleh karena itu komet sering disebut bintang berekor. Ketika mendekati matahari, ekorkomet selalu berada di depan, menjauhi matahari. Hal ini disebabkan karena adanya tekanan sorot pada cahaya matahari yang mendorong partikel-partikel terkecil selalu ke arah yang berlawanan dengan matahari.


Pada tahun 1705 ahli atmosfer Edmund Halley menerapkan hukum gravitasi pada pengamatan pengamatan mengenai sejumlah komet. Ia mengetahui bahwa komet beredar menjelajahi wilayah sesuai hukum gravitasi. Sebagai contoh komet Halley yang muncul setiap
76 tahun sekali.

3. Asteroid

Asteroid adalah benda-benda langit kecil yang mengelilingi matahari. Lintasan pergerakan asteroid dalam mengelilingi matahari berbentuk lingkaran, tetapi kadang juga beberapa asteroid mempunyai lintasan pergerakan yang lonjong. Letak lintasan/orbit asteroid dekat dengan ekliptika. Pada dasarnya asteroid tidak mempunyai angkasa. Asteroid terbesar adalah Ceres dengan diameter 750 kilometer.


Asteroid bergerak mengelilingi matahari mempunyai kala revolusi rata-rata 4 sampai 6 bulan. Ada sebuah asteroid yang berorbit lonjong dan pernah mendekat ke laut bumi, yaitu asteroid Icarus. Sebagian besar asteroid terkumpul atau berkerumun di orbit Mars dan Jupiter. Sekumpulan asteroid ini disebut sabuk asteroid.

4. Meteor ,Meteorid dan Meteoroid

Komet yang terpecah-pecah membentuk meteor, pecahannya bisa mencapai jutaan. Kelompok meteor dari pecahan komet ini beredar mengikuti orbit yang tetap di angkasa. Pada umumnya meteor berukuran sangat kecil. Massa partikel-partikel meteor kurang dari 1 gram. Tetapi ada juga meteor dengan berat beberapa ton.

Sebelum mencapai permukaan bumi meteor bergesekan dengan angkasa bumi atau atmosfer sehingga menghasilkan panas yang akan membakar habis benda itu. Peristiwa itu yang sering kita kenal bintang beralih, bintang jatuh atau meteor.

Pada umumnya meteor hancur karena suhu panas pada saat mencapai atmosfer bumi. Meskipun jarang terjadi tetapi ada pula meteor yang mencapai permukaan bumi. Jika ada meteor yang mencapai permukaan bumi pastilah ukurannya besar. Meteor yang mencapai permukaan bumi itulah yang dinamakan meteorit. Contohnya seperti kawah Arizona yang diakibatkan jatuhnya meteor, tepatnya di Winslow, Arizona dan Kawah Deep Bay di Saskatchewan, Kanada yang berdiameter ± 12 km.

Dengan mengetahui apa yang telah diciptkannya, mempelajarinya maka seharusnya kita bertambah keimananya, bertambah bersyukurnya . Dengan selalu menggali ilmu-ilmunya. Bukan sebaliknya dengan melihat begitu besarnya alam ini kita malah semakin jauh darinya. Dan tidak percaya kepada keaagunganya.

Ayo berlatih dan lihat pembasahanya di sini, lihat juga materi yang lainnya!
Photobucket►Soal&PembahasanPhotobucket►Daftar Materi IPA

Rabu, 30 Mei 2012

Reviu SIM (Sistem Informasi Manajemen) sekolah LPMP 2012


Pada tanggal 30 Mei 2012 - 1 Juni 2012 kita di undang ke LPMP untuk ikut reviu SIM sekolah LPMP 2012. Alhamdulillah di sini kita ketemu sama orang-orang hebat TI seperti pak Hamrowi, M.Kom, Pak Mampuono, Antanius Budi M.Kom, mas Fauzan Mahanani, Mas Agung yang ilmunya segudang.

Tujuan Kegiatan review SIM sekolah adalah untuk melakukan penyempurnaan terhadap aplikasi SIM sekolah, dan adanya masukan-masukan yang berarti dari praktisi di sekolah terhadap SIM sekolah yang sedang dibangun.

Hasil yang diharapkan dari kegiatan Review SIM sekolah ini adalh tersedianya aplikasi SIM sekolah yang dapat digunakan sebagai pusat manajemen kegiatan pendidikan di sekolah-sekolah dalam kesatuan sistem yang terintegrasi dan tersetruktur.

Dalam acara itu materinya antara lain :
1. Kebijakan Kemendikbud tentang SIM
2. Penjelasan Teknis SIM sekolah
3. Presentasi SIM Sekolah
4. Reviu SIM Sekolah per Jenjang
5. Pemaparan Hasil Reviuw SIM Sekolah per jenjang.

Hari pertama sedikit penjelasan tentang SIM oleh pak Antonius Budi, M. Kom dan selanjutnya di jelaskan tentang fakta-fakta dan prediksi perkemabangan IT ke depan, permasalahan yang timbul akibat perkemabangan IT dan cara mengatasinya oleh Hamrowi,S.Si, M.Kom.

Pak Hamrowi juga menjelaskan pentingnya adanya SIM di sekolah dan cara mengatasinya. Dan tak kalah menariknya di jelaskan juga tentang rancangan SIM di sekolah mulai dari SIM PPDB, SIM Administrasi Perpustakaan, SIM Administrasi Sarpras dan lain-lain. Begitu juga dijelaskan Keunggulan-keunggulan SIM yang akan di bangun.

Juga ada presentasi tentang SIM perputakaan dari pak Budi dan SIM PPDB Online dari Bapak Ismail yang cukup memukau yang rencana akan di gunakan di kabupaten Kudus. Dalam hati berpikir jika ada guru seperti pak Ismail luar biasa bisa membangun SIM sebagus itu. Coba saja jika guru bisa ikut ketularan ikut bisa membuatnya wah pasti luar biasa

Hari kedua adalah penjelasng tentang SIM PPD antara lain pendataan Calon PD , seleksi Calon PD dan hasil Seleksi PD. dilanjutkan dengan pembagian dibagi menjadi dua satu bagian analisa kebutuhan SIM dari sekolah oleh pak Hamrowi dan yang lainnya bagian Coding SIM

Hari ketiga dilanjutkan presentasi dari TIM Coding PPDB oleh pak Fauzan A Mahanani dan Review SIM oleh Perputakaan oleh pak kirno dan kawan-kawan. dan ditunjukkan SIM perpustakaan dari instanis yang sudah sangat bagus.

Jumat, 25 Mei 2012

Animasi Arah Arus Listrik dan Arah Arus Elektron


Animasi ini untk pembelajaran listrik dinamis pada topik arah arus elektron dan arah arus listrik Semoga bermanfaat. untuk lebih memahami pembelajaran listrik dinamis bagi anak didikku.






Uji Kompetensi Online Cek Point Besaran dan Satuan

Soal Evaluasi Online Besaran dan satuan ini sangat bermanfaat bagi Anda silahkan anda mencobanya semoga anda dapat mendapatkannilai yang terbaik. Janganpantang menyerah jika anda masih kurang nilainya silahkan Anda mengulanginya lagi. selamat mengerjakan