Rabu, 13 Juni 2012
Pengumuman OSN 2012 SMP tingkat Nasional (peserta)
Selamat buat sekolah yang lolos Seleksi OSN tingkat propinsi dan siap masuk menjadi DAFTAR PESERTA OSN SMP TINGKAT NASIONAL. di bawah ini adalah link yang di dapatkan dari sumber resminya http://dikdas.kemdikbud.go.id.
Dan inilah peserta yang lolos Passing Grade danperwakilan dari propinsi
► Daftar Peserta OSN SMP Tingkat Nasional per Provinsi Bidang Biologi.
► Daftar Peserta OSN SMP Tingkat Nasional per Provinsi Bidang Ilmu Pengetahuan Sosial
► Daftar Peserta OSN SMP Tingkat Nasional per Provinsi Bidang Matematika
► Daftar Peserta OSN SMP Tingkat Nasional per Provinsi Bidang Fisika
Selamat berlomba di OSN tingkat nasional yang akan dilaksanakan pada tanggal, 28 JUNI S.D. 4 JULI 2012 Pontianak Kalimantan barat. Jadilah Juara sejati yang selalu ingin berbagi.
Bagi murid saya yang belum Juara mbak dewi yang cukup puas ikut seleksi propinsi mbak Dewi Alwiyah (Fisika)dan Nofia ( Biologi) jangan berputus asa, tetap semangat kalian adalah murid terbaik bagi guru-guru di SMP N 1 Gabus, Kesempatan masih panjang bagi yang belum juara untuk selalu berusaha, bekerja keras, untuk meraih mimpi menjadi sang juara sejati. Ingat Puisi Mr Widi
Selasa, 12 Juni 2012
Soal dan Pembahasan Sistem Koordinasi
1.Perhatikan gambar di bawah ini!
Apa Nama - nama bagian pada gambar di atas!
Pembahasan
1.Dendrit
2.Badan sel
3.Inti sel
4.Akson
2.Jelaskan bagian – bagian dari sel saraf di bawah ini!
a. Akson
b. Dendrit
Pembahasan
Akson atau neurit merupakan tonjolan sitoplasma yang
panjang (lebih panjang daripada dendrit), berfungsi untuk
menjalarkan impuls saraf meninggalkan badan sel saraf ke neuron atau jaringan lainnya.
Dendrit adalah serabut-serabut yang merupakan tonjolan
sitoplasma dan berfungsi untuk menjalarkan impuls saraf menuju ke badan sel saraf.
3.Menurut fungsinya, neuron dibedakan menjadi tiga macam
yaitu neuron sensorik, neuron motorik, dan neuron asosiasi.
Pembahasan
Neuron sensorik juga disebut sel saraf indra, karena berfungsi meneruskan rangsang dari peneri-ma (indra) ke saraf pusat (otak dan sumsum tulang belakang).
Neuron motorik (sel saraf penggerak) berfungsi membawa impuls dari pusat saraf (otak) dan sumsum tulang belakang ke otot. Sel saraf ini mempunyaidendrit yang pendek dan akson yang panjang.
Neuron asosiasi atau sel saraf penghubung banyak terdapat di dalam otak
dan sumsum tulang belakang. Neuron tersebut berfungsi menghubungkan atau meneruskan impuls dari sel saraf sensorik ke sel saraf motorik.
4.Perhatikan gambar di bawah ini!
Jelaskan tentang sabuk asteroid yang lintasannya berada di antara mars dan yupiter!
No 1 Otak besar
Otak besar ada beberapa bagian, bagian belakang merupakan pusat penglihatan, sedangkan bagian samping merupakan pusat pendengaran. Bagian tengah otak besar merupakan pusat pengatur kepekaan kulit dan otot yang berhubungan dengan rangsang panas, dingin, sentuhan, serta tekanan. Di bagian tengah dan belakang otak besar terdapat daerah sebagai pusat perkembangan kecerdasan, sikap,
kepribadian, dan ingatan.
No 2 otak kecil manusia adalah sebagai pengatur keseimbangan tubuh dan sebagai pusat koordinasi kerja otot ketika bergerak. Otak kecil terdiri atas dua bagian, yaitu bagian
kiri dan kanan.
5.Dalam bagain otak terdapat sumsum lanjutan Jelaskan fungsinya!
Jelaskan tentang sabuk asteroid yang lintasannya berada di antara mars dan yupiter!
Pembahasan
Sumsum tulang belakang mempunyai dua fungsi utama, yaitu sebagai penghubung impuls yang berasal dari otak serta sebagai pusat gerak refleks
6.Perhatikan gambar di bawah ini!
Jika Andi sedang bermain dia dengan sadar menendang bola. Jelaskan teori gerakan sadar ini dalam sistem koordinasi tubuh kita!
Pembahasan
Gerakan menendang bola, seperti yang dicontohkan pada uraian di atas merupakan gerakan yang kamu sadari sebelumnya. Dengan kata lain gerak terjadi karena adanya perintah dari otak. Gerak yang demikian itu dinamakan gerak biasa. Jalannya rangsang gerak biasa dapat diikhtisarkan sebagai berikut.
Rangsang ——> Reseptor —— > Saraf sensorik —— >Otak ——> Saraf motorik —— >Efektor —— >Gerakan
7.Kadang kita mengalami kaget sehingga terjadi gerak reflek pada tubuh kita. Bagaimanakah alur gerak refleks tersebut
Pembahasan
Gerak refleks terjadi dengan cepat sebagai reaksi otomatis terhadap rangsangan dari lingkungan. Jalan yang dilalui rangsang pada gerak refleks adalah sebagai berikut.
Rangsang ——> Reseptor —— >Saraf sensorik —— >Sumsum
tulang belakang ——> Saraf motorik —— >Efektor ——>
Gerakan
8.Sebutkan kelainan dan penyakit pada sistem saraf manusia!
Pembahasan
1.Ayan/ Epilepsi:.
2.Vertigo,
3.Penyakit Parkinson,.
4.Stroke
5.Tumor otak
9.Untuk menanggapi rangsangan, ada tiga komponen yang harus dimiliki oleh sistem saraf, yaitu reseptor, penghantar impuls dan efektor. Jelaskan perbedaanya
Pembahasan
1.Reseptor, adalah alat penerima rangsangan atau impuls. Pada tubuh kita yang bertindak sebagai reseptor adalah organ indera.
2.Penghantar impuls, dilakukan oleh saraf itu sendiri. Saraf tersusun dari berkas serabut penghubung (akson). Pada serabut penghubung terdapat sel-sel khusus yang memanjang dan meluas. Sel saraf disebut neuron.
3.Efektor, adalah bagian yang menanggapi rangsangan yang telah diantarkan oleh penghantar impuls. Efektor yang paling penting pada manusia adalah otot dan kelenjar.
10.Sebutkan contoh gerak reflek yang sering kalian lakukan dalam kegiatan sehari-hari!
Pembahasan :
Contoh gerak refleks adalah sebagai berikut.
1.Terangkatnya kaki jika terinjak sesuatu.
2.Gerakan menutup kelopak mata dengan cepat jika ada benda asing yang masuk ke mata.
3.Menutup hidung pada waktu mencium bau yang sangat busuk.
4.Gerakan tangan menangkap benda yang tiba-tiba
terjatuh.
Senin, 04 Juni 2012
Convert Parse HTML pada Postingan Blog Kita
pada blog kita maka kita harus mengkonvert kode ]]></b:skin> ke dalam konverter di bawah ini selanjutnya di convert maka akan terlihat kode untuk di pasang di blog kita selamat mencoba
Sabtu, 02 Juni 2012
Galeri Foto Prestasi Mr. Widi
Jumat, 01 Juni 2012
Tata Surya Kita Yang Begitu Luar Biasa Indahnya
Komet merupakan rangkaian cahaya yang bergerak dari satu konstelasi ke konstelasi lain di antara bintang-bintang. Rangkaian cahaya komet memperlihatkan seperti untaian rambut panjang, oleh karena itu komet sering disebut bintang berekor. Ketika mendekati matahari, ekorkomet selalu berada di depan, menjauhi matahari. Hal ini disebabkan karena adanya tekanan sorot pada cahaya matahari yang mendorong partikel-partikel terkecil selalu ke arah yang berlawanan dengan matahari.
Asteroid adalah benda-benda langit kecil yang mengelilingi matahari. Lintasan pergerakan asteroid dalam mengelilingi matahari berbentuk lingkaran, tetapi kadang juga beberapa asteroid mempunyai lintasan pergerakan yang lonjong. Letak lintasan/orbit asteroid dekat dengan ekliptika. Pada dasarnya asteroid tidak mempunyai angkasa. Asteroid terbesar adalah Ceres dengan diameter 750 kilometer.
Komet yang terpecah-pecah membentuk meteor, pecahannya bisa mencapai jutaan. Kelompok meteor dari pecahan komet ini beredar mengikuti orbit yang tetap di angkasa. Pada umumnya meteor berukuran sangat kecil. Massa partikel-partikel meteor kurang dari 1 gram. Tetapi ada juga meteor dengan berat beberapa ton.
Ayo berlatih dan lihat pembasahanya di sini, lihat juga materi yang lainnya!
►Soal&Pembahasan►Daftar Materi IPA
Rabu, 30 Mei 2012
Reviu SIM (Sistem Informasi Manajemen) sekolah LPMP 2012
Pada tanggal 30 Mei 2012 - 1 Juni 2012 kita di undang ke LPMP untuk ikut reviu SIM sekolah LPMP 2012. Alhamdulillah di sini kita ketemu sama orang-orang hebat TI seperti pak Hamrowi, M.Kom, Pak Mampuono, Antanius Budi M.Kom, mas Fauzan Mahanani, Mas Agung yang ilmunya segudang.
Tujuan Kegiatan review SIM sekolah adalah untuk melakukan penyempurnaan terhadap aplikasi SIM sekolah, dan adanya masukan-masukan yang berarti dari praktisi di sekolah terhadap SIM sekolah yang sedang dibangun.
Hasil yang diharapkan dari kegiatan Review SIM sekolah ini adalh tersedianya aplikasi SIM sekolah yang dapat digunakan sebagai pusat manajemen kegiatan pendidikan di sekolah-sekolah dalam kesatuan sistem yang terintegrasi dan tersetruktur.
Dalam acara itu materinya antara lain :
1. Kebijakan Kemendikbud tentang SIM
2. Penjelasan Teknis SIM sekolah
3. Presentasi SIM Sekolah
4. Reviu SIM Sekolah per Jenjang
5. Pemaparan Hasil Reviuw SIM Sekolah per jenjang.
Hari pertama sedikit penjelasan tentang SIM oleh pak Antonius Budi, M. Kom dan selanjutnya di jelaskan tentang fakta-fakta dan prediksi perkemabangan IT ke depan, permasalahan yang timbul akibat perkemabangan IT dan cara mengatasinya oleh Hamrowi,S.Si, M.Kom.
Pak Hamrowi juga menjelaskan pentingnya adanya SIM di sekolah dan cara mengatasinya. Dan tak kalah menariknya di jelaskan juga tentang rancangan SIM di sekolah mulai dari SIM PPDB, SIM Administrasi Perpustakaan, SIM Administrasi Sarpras dan lain-lain. Begitu juga dijelaskan Keunggulan-keunggulan SIM yang akan di bangun.
Juga ada presentasi tentang SIM perputakaan dari pak Budi dan SIM PPDB Online dari Bapak Ismail yang cukup memukau yang rencana akan di gunakan di kabupaten Kudus. Dalam hati berpikir jika ada guru seperti pak Ismail luar biasa bisa membangun SIM sebagus itu. Coba saja jika guru bisa ikut ketularan ikut bisa membuatnya wah pasti luar biasa
Hari kedua adalah penjelasng tentang SIM PPD antara lain pendataan Calon PD , seleksi Calon PD dan hasil Seleksi PD. dilanjutkan dengan pembagian dibagi menjadi dua satu bagian analisa kebutuhan SIM dari sekolah oleh pak Hamrowi dan yang lainnya bagian Coding SIM
Hari ketiga dilanjutkan presentasi dari TIM Coding PPDB oleh pak Fauzan A Mahanani dan Review SIM oleh Perputakaan oleh pak kirno dan kawan-kawan. dan ditunjukkan SIM perpustakaan dari instanis yang sudah sangat bagus.