Selasa, 07 Agustus 2012

Mari Belajar Hukum-Hukum Newton dan Contohnya

Pernahkah kalian kalain bermain Roket air, jika pernah pasti mengasyikkan bukan, namun tahukah kalian jika bermain roket air ini adalah salah satu  penerapan dari hukum Newton, Mari kita belajar bersama tentang hukum Newton I, II dan III beserta contohnya.

A. Hukum I Newton

Hukum I Newton yang berbunyi:
“Jika resultan gaya yang bekerja pada benda sama dengan nol maka benda yang mula-mula diam akan tetap diam dan benda yang mula-mula bergerak lurus beraturan akan tetap bergerak lurus beraturan.”

Untuk mengetahui demontrasi hukum newton I, ini contoh prakteknya ada seorang aank yang menarik dengan cepat vas bunga maka vas bunga akantetap di atas meja
Anak praktek Hukum Newton I
Secara matematis dinyatakan sebagi berikut ini :
Photobucket
Hukum Newton I juga dapat dinyatakan bila sebuah benda dalam keadaan diam maka benda itu akan tetap diam dan jika bergerak dengan kecepatan tetap akan terus bergerak dengan kecepatan tetap contohnya sebagai berikut :
1. ketika kita naik mobil tiba-tiba direm, maka badan cenderung ke depan
Ketika kita naik motor tiba-tiba di rem mendadak maka akan terdorong ke belakang
2. Ketika kita nenarik kertas dengan cepat maka uang diatas kertas seperti gambar disamping akan tetap ditempatnya

B. Hukum II Newton
Apabila resultan gaya yang bekerja pada sebuah benda tidak sama dengan nol maka benda tersbut akan bergerak dengan sebuah percepatan.

Besarnya percepatan suatu benda sebanding dengan resultan gayanya. Semakin besar resultan gaya yang bekerja pada suatu benda, percepatannya akan semakin besar. Apabila percepatan disimbolkan dengan a dan resultan gaya disimbolkan dengan ∑F, dapat dituliskan

Photobucket
Untuk resultan gaya tetap yang bekerja pada suatu benda dengan massa semakin besar, semakin kecil percepatan yang terjadi. Apabila massa kelembaman benda disimbolkan dengan m, diperoleh hubungan percepatan dan massa sebagai berikut.

Photobucket


Percepatan dihasilkan oleh suatu resultan yang bekerja pada suatu benda berbanding lurus dengan resultan gaya, searah dengan resultan gaya dan berbanding terbalik dengan massa benda. Secara matematis hukum II Newton dirumuskan

Rumusan gayaPercepatan dihasilkan olehsuaturesultan yang bekerjapadasuatubenda berbandinglurusdenganresultangaya, searahdenganresultangayadanberbandingterbalikdenganmassabenda. Secaramatematishukum II Newton dirumuskan :

Photobucket

atau bisa juga ditulisakan sebagai berikut ini :

Photobucket

F = Gaya satuuanya Newton ( N )
m= massa benda satuannya kilogram ( kg )
a = percepatansatuanya (m/s2 )

C. Hukum III Newton

Jika benda A gaya pada benda B( gaya aksi ), maka benda B juga akan memberikan gaya pada benda A ( gaya reaksi ). Kedua gaya tersebut mempunyai besar yang sama tetapi mempunyai arah yang berlawanan. Kedua gaya aksi dan reaksi tersebut bekerja pada benda yang berbeda. Pernyataan hukum III Newton dalam persamaan dinyatakan sebagai berikut : F aksi = - F reaksi
contoh penerapan hukum Newton III adalah ketika kita sedang meluncurkan roket air maka roket air dapat meluncur ke atas karena ada gaya dorong air ke bawah. contoh lain adalah ketika kita sedang berenang ketika kita ingin bergerak maju ke depan maka kita mengayunkan tangan ke belakang.
Photobucket
Gambar gaya aksi dan reaksi
Sumber : Encarta Enciklopedia 2006
Di bawah ini adalah contoh penerapan penerapan hukum Newton III murid-murid saya sedang melakukan peluncuran roket air.
Praktek Roket air yang mengasyikkan
Roket air merupakan contoh penerpakan Hukum Newton III yaitu hukum aksi-reaksi dimana ada gaya dorong air ke bawah maka akan terdorong roket ke atas. seperti terlihat dalam video di atas

Nah jika kita ingin membuat rokel air menggunakan bekas botol Aqua maka silahkan klik link di sini  Untuk melihat video hukum Newton III,ini merupakan contoh video peluncurran roket air silahkan klik di sini

D. Sejarah singkat Newton


Sir Isac Newton
Sir Isaac Newton adalah ahli fisika, matematika, astronomi, kimia dan ahli filsafat yang lahir di Inggris. Isaac Newton menyadari bahwa matematika adalah cara untuk menjelaskan hukum-hukum alam seperti gravitasi, dan membuat beberapa rumus untuk menghitung 'pergerakan benda' dan 'gravitasi bumi'. Gravitasi adalah kekuatan yang membuat suatu benda selalu bergerak jatuh ke bawah. Dengan tiga prinsip dasar dari hukum pergerakan, Newton dapat menjelaskan dan membuktikan bahwa planet beredar mengelilingi matahari dalam orbit yang berbentuk oval dan tidak bulat penuh. Kemudian Newton menggunakan tiga prinsip dasar pergerakan yang sekarang di kenal sebagai Hukum Newton untuk menjelaskan bagaimana benda bergerak.

Saat ini banyak kisah yang menceritakan bahwa Newton mendapatkan rumus tentang teori gravitasi dan sebuah apel yang jatuh dari pohon. Di kisahkan bahwa suatu hari Newton duduk dan belajar di bawah pohon apel dan saat itu sebuah apel jatuh dari pohon tersebut. Dengan mengamati apel yang jatuh, Newton mengambil kesimpulan bahwa ada sesuatu kekuatan yang menarik apel tersebut jatuh kebawah, dan kekuatan itu yang kita kenal sekarang dengan nama gravitasi.

Sumber reverensi dan dan gambar selain dari koleksi pribadi adalah :

  • Wasis,dkk IPA Untuk SMP/MTs Kelas VIII BSE,Jakarta, Pusbuk
  • Rinie Pratiwi P,dkk CTL IPA Untuk SMP/MTs Kelas VIII BSE,Jakarta, Pusbuk
  • Syaiful Karim ,dkk Belajar IPA Untuk SMP/MTs Kelas VIII BSE,Jakarta, Pusbuk
  • H. Moch. Agus Krisno,dkk IPA Untuk SMP/MTs Kelas VIII BSE,Jakarta, Pusbuk
  • Encarta Enciklopedia 2006
Ayo berlatih dan uji kemampuanmu di sini, lihat juga materi yang lainnya!
Photobucket►Soal PembahasanPhotobucket►Uji KompetensiPhotobucket►Daftar Materi IPA

Minggu, 05 Agustus 2012

Video Menentukan Massa Jenis Kubus Kayu

Kadang ketika anak sulit untuk belajar menghitung dengan anka-angka, untuk memudahkannya ada triknya yaitu anak melakukan praktek sendiri, untuk memantunya disini ada video mempraktekan cara menentukan massa jenis kubus. Walau presentasi anak belum bagus semoga video ini dapat memberikan manfaat bagi bapak ibu atau murid-muridku dalam memhami cara menetukan massa jenis kubus.

Untuk mendonloadnya silahkan klik tautan di sini lalu klik file download


Kamis, 02 Agustus 2012

Ikut Kompetisi EduSlide Goesmart


Alhamdulillah puji syukur kehadirat, Mr. Widi si Guru IPA Pati mendapatkan hasil yang terbaik dalam ajang kompetisi yang diadakan Goesmart , menjadi Pemenang Pertama Kompetisi EduSlide (slide statis), walau jumlah peserta sangat sedikit. Semogga kemenangan ini bisa menjadi barokah awal kebaikan dari di tahun ini. Materi judulnya adalah Sistem Gerak pada Tumbuhan.

Hal ini memang tidak di sangka karena kompetisi sudah sangat lama sekali, dan tidak optimis karena dalam kompetisi Goesmart ini penilaian juga ada point penilaian melalui voting, yang kebetulan saya belum punya banyak teman dalam jejaring sosial ini, sehingga voting saya juga tidak banyak seperti yang lain. Dan moga-moga kemenangan ini adalah karena dari kwalitas media saya bukan hanya karena point voting yang ada. Dan tentunya saya mengucapkan terimakasih atas kesempatanya mengikuti kompetisi ini kepada panitia.





Untuk ikut jejaring sosial yang saya rasa sangat berguna bagi guru dan siswa karena ada matei pelajaran yang bermanfaat bagi mereka. tidak hanya pertemanan atau menggosip sana sini yang tidak ada manfaatnya. ada juga soal interaktifnya yang dapat kita buat sendiri sehingga siswa dapat menggunakanya ketika dia mau belajar. ini linknya Goesmart. selamat mencoba semoga bermanfaat.

Rabu, 01 Agustus 2012

Ayo Tunjukkan Karyamu di Bulan Puasamu



Bulan puasa adalah bulan yang penuh barokah, bulan yang penuh rahmat dan bulan peningkatan diri, seiring dengan ini maka di sekolah diadakan program-program yang penuh dengan nuansa keagamaan mulai dari pengajian pagi, tadarus bersama, pesantren kilat, pemberian zakat fitrah dan lain sebagainya. Puasa ini juga merupakan bulan berkah bagi murid- murid kesayangan kita karena ada bulan ini mereka dapat pulang lebih awal dari biasanya.

Yang menjadi pertanyaan apa yang dilakukan mereka setelah pulang awal. Ketika saya seringbertanya di beerapa kelas yang saya ajar jawaban kebanyakan anak adalah sama yaitu tidur dan tidur. tidak banyak aktivitas bermanfaat yang dilakukam oleh mereka. ada juga yang menjawab bermain kerumah teman. tidak ada karya yang diberikan pada mereka, apakah ini ada kemungkinan kecenderungan seorang guru kadang juga tidak memberikan tugas rumah ketika bulan puasa?

Hal imi tentunya perlu perubahan bukankah bulan puasa adalah bulan peningkatan tentunya ketika kita melihat anak- anak muda kreatif misalnya membuat jajanan dan di jajankan di jalan, atau melakukan kegiatan keagamanan yang lain di rumah. misalnya bagi yang belum tamat iqronya bisa mklanjutkan iqronya danlain sebagaimnya.

Kesemuanya bisa dilakukan inisitif guru- guru untuk membuat tugas rumah yang bisa dilkukanmereka secara berkelompok atau individual misalnya IPA memberikan proyek-proyek sederhana yangbisa dilakukan mereka di rumah. membuat roket air ,isalnya sehingga mereka juga merasa bisa bermain dan belajar.

Untuk pelajaranlin juga bisa dilakukan dengan hal yang kreatif misalnya bahasa indonesia membuat cerita- ceita di bulan puasa dan dikirimkan di media masa sehingga bisa mnambah pengetahuan mereka tentang media. dan ini pernah saya lakukan pada anak didik saya dahulu dan mereka juga mendapat tambahan karena tulisan mereka di muat dan mendapat honorarium. Asik bukan.

Untuk anak didikku
Mari isi bulan puasamu
Dengan kegiatan yang bermutu
Jangan tidur melulu
Buat karyamu untuk negerimu
Apalagi bisa berbuat lebih banyak untuk Agamamu
Itulah anak yang mau Maju
dan InsyaAllah ke depan suksesakan menantimu
Dan kau harus percaya itu


Yuk Cari Pasangan Yang Tepat

Soal Uji Kompetensi Online kumpulan soal- soal kelas 7 semester 1 ini sangat bermanfaat bagi Anda untuk mengetahui kompetensi yang miliki silahkan anda mencobanya semoga anda dapat mendapatkan nilai yang terbaik. Jangan pantang menyerah jika anda masih kurang nilainya silahkan Anda mengulanginya lagi, sampai tuntas selamat mengerjakan

ACER GURARU AWARD AJANG KUMPUL GURU GO BLOG

sumber : http://award.guraru.org
Salah satu kompetisi yang digelar rutin untuk guru yang berhubungan dengan guru Go-blog adalah GURARU AWARD. Yang tahun kemarin sudah terlaksana dengan suksesnya dengan orang- orang yang mendapat pengargaan yaitu Urip, Agus Sampurno, dan juga Sawali Tuhusetya, dan Wijaya Kusumah yang terkenal dengan nama Om Jay, dan saya pikir memang sudah sepantasanya merka mendapatkan itu dengan apa yang mereka sumbang dan sarankan bagi pendidikan di Negeri ini dengan pemikiran dan keaktifiannya dalam dunia pendidikan dantentunya dengan blog atau tulisa-tulisan mereka di dunia maya yang berkualitas dan berbobot.

Tentunya bapak ibu guru yang suka blogger ada yang kepingin menjadi seperti mereka, maka mari guru Go-Blog kita kumpul bareng di sana daftarkan blog Anda di Acer Guraru Award 2012, dengan ikut kompetisi ini Bapak ibu guru bisa melihat blog- blog berkualitas dari teman- teman dengan tulisannya, dengan ide kreatifnya, dan banyak berbagi untuk pendidikan di Indoensia. Dengan ini bapak ibu juga memilki banyak inspirasi untuk mengembangkan blog Bapak ibu guru sekalian.

Dengan ikut kompetisi ini maka bapak ini sekalin juga bisa melihat bagaimana tulisan- tulisan mereka yang sudah di akui tentunya dengan mengikuti kompetisi ini. dan tentunya tampilan blog juga kelihatanya bukan menjadi modal utama untuk dapat menjadi yang terbaik dalam kompetisi ini namun lebih ditekankan sama isi , kefektifan dan kreatif isi dari blog tersebut. (ini menurut saya lho).

Nah jika Bapak ibu seklaian berminat untuk ikut medaftar lomba blog ini silahkan bapak ibu baca dulu tentang Acer Guraru Award supaya bapak ibu sekalian memilki gambaran tentangnya, dan baca juga syarat - syaratnya agar bapak ibu sekalian tahu apa yang menjadi kriteria penjurian dan lain sebagainya, setalah itu Jangan lupa nominasikan blog yang bapak ibu suka. Nah Jika bapak ibu tertarik dan layak dengan blog saya ini boleh juga menominasikan blog saya.

Selasa, 31 Juli 2012

Oh...UKG Online..UKG Online...UKG Online...


Jika minggu kemarin sibuk dengan bagaimna UKG online itu akan berjalan, sibuk orang -orang mencari kisi- kisi, sibuk belajar persiapan UKG online, agar dia sukses UKG online, sekarang klelihatan 180 derajat, banyak guru bertanya-tanya tentang pelaksanaan UKG online sendiri dilihat dari segi kelemahan-kemahannya.

Dimulai dimulai dari seretnnya upload kisi-kisi, tidak terlaksananaya hari pertama UKG online atau dari segi soal UKG online itu sendiri yang dari teman- teman yang sudah melaksanakan UKG online merasa kurang puas.

Inilah salah satu potongan - potongan dari status jejraring sosial facebook yang saya dapat dari salah satu group milik status teman yang tidak puas dengan pelaksanaan teknis.



Atau bahkan ada yang membuat status seperti ini.


Dari sini kelihatan bagaimana pelakasanan UKG yang masih dirasa jauh dari harapan, ketika seoarang guru di tuntut untuk membuat soal yang baik, nah kok soal untuk menguji masih ada yang seperti ini. Adakah yang salah apakah soal belum direvisi sebelum di tampilkan atauakan ada perubahan soal. nah ini yang menjadi pertanyaan bagi kaum yang awam seperti kami.

Namun dari segi kelemahan pelaksanaan UKG yang jkelas memberikan dampak positif bagi guru-guru yaitu mau melek IT, mau belajar lagi dan setelah mengetahui kekuarangan dari nilai-nilai yang ada diharapakan mereka mampu belajar. walau menurut kami nilai Hasil UKG ini belum semuanya mencerminkan keprofesionalan guru, bukankah guru juga perlu di nilai dari kompetensi sosial dan kompetensi personal yang dilihat dari aktifitasnya sebagai seorang guru bukan hanya kognitifnya saja.

Dan kita juga berharap sebagai guru pelaksanan UKG online ini tentunya memang benar- benar bermanfaat bagi guru khususnya atau juga bagi pemereintah,sehingga pelaksanaanya tidak menghamburkan dana negara yang begitu banyaknya.

Tetap bersemangatlah guru Indonesia