Kamis, 11 Oktober 2012

"GURU PALING NGEBLOG" Kompasiana 2012, Siapa mau ikut !

Sumber : http://blog.kompasiana.com/2012/
Saat ini berbeda dengan dulu , banyak sekali yang memperhatikan guru mulai dari Sertifikasi, UKG, PKG, PKB dan lain sebagainya.Salah satu yang memperhtaikan guru adalah Awak sosial media yang terus memberikana banyak kesempatan kepada guru untuk selalu berkarya untuk negeri, berinovasi dan menguji kreatifitasnya dengan semakin banyaknya kompetisi mulai dari pembuatan bahan Ajar, Karya tulis, dan yang paling marak kali ini adalah Guru Go Blog, yang memang secara otomatis guru harus mengenal internet agar bisa membuka wacana untuk emnegnal dunia dengan lebih luas, sehingga bisa memberikan yangterbaik buat anak didiknya.

Satu kesempatan buat bapak ibu yang sudah menjadi Guru Go Blog ada kesempatan buat kalian untuk ikut kompetisi ini silahkan menominsaikan blog Anda sendiri, atau guru-guru yang lain juga yang belum punya dapat menominasikan blog milik temannya agar menjadi nominasi "GURU PALING NGEBLOG"  versi Kompasiana 2012. 

Caranya Seperti berikut ini :
Nominatorkan Blog Anda Atau blog teman anda dengan Subyek "Guru Paling Ngeblog" ke Email kompasiana@kompasiana.com dan sertakan data berikut ini :
Identitas nominator
Nama Calon : Slamet Widiantoro,S.Pd
Tempat Tugas : SMPN 1 Gabus
Masa Pengabdian : 10 Tahun
Identitias Profesi Untuk Verivikasi
Identitias Calon dan alasan Calon sebagai Guru Paling Ngeblog
Alamat Akun Kompasiana Nominator : http://www.kompasiana.com/SlametWidiantoro
Minimal Alamat Jejaring Nominator, Seperti Jejaring Sosial Yang saya miliki ini  ( Facebook, Twiter, Linked In, Google Plus, SlideShare,Youtube, Ayobai, Goesmartgeschool,  Guraru  dan Lain-lain.
Semakin Banyak Akun  Blog dan jejaring Sosial yang digunakan semakin ngeblog guru tersebut.

Informasi Lebih lengkap silahkan buka  di :
http://blog.kompasiana.com/2012/10/11/ikuti-pemilihan-guru-paling-ngeblog-kompasiana-pra-event-kompasianival-2012/

Senin, 17 September 2012

Tip dan Trik Agar Anak Mau Berkunjung ke Blog Guru

Perkembangan tekonologi saat ini tentunya membawa dampak yang sangat besar bagi pendidikan di negeri ini, Dengan perkambangan tersebut mau tidak mau guru harus selalu meng-up to date perkembangan tadi. Sehingga guru tidak ketinggalan dengan perkembangan teknologi tersebut dan menjadi guru Gap Tep atau gagap tekonologi. 

Salah satu perkembangan teknologi yang sekarang banyak digunakan guru adalah penggunaan media blog sebagai pembelajaran di sekolah baik itu pembelajaran secara langsung di sekolah atau pembelajaran jarak jauh. yang bisa di lakukan anak dirumahnya masing-masing dengan memberikan tugas rumah, membaca artikel mengejakan soal online memberikan informasi-informasi pengayaan daftar nilai siswa dan lain-lain sebagainya.

Blog sebagai pengayaan belajar anak ini sudah banyak guru yang mengaplikasannya, saya melihat    khususnya guru-guru Jateng marak msejak tahun 2009 silam dan sekarang malah di fasilitasi dengan diadakanya  lomba blog BPTIKP Jateng ,dan bahkan di luar ada yang memberikan penghargaan seperti Acer Guraru Award misalnya, dan mungkin masih banyak  instansi pendidikan atau lembaga yang peduli pendidikan lainnya juga mensportnya.
Blog Sebagai Salah satu Alternatif Media Pembealajran
Walau mungkin masih banyak kendala penggunaan Blog ini sebagai media pembelajaran, namun para guru jangan sampai menyerah banyak cara yang dpat kita lakukan agar siswa kita mau belajar menggunakan blog namun jangan sampai pembelajaran blog ini menjadi masalah bagi anak didik, misalnya guru memaksa membuka blog padahal status ekonomi ortu tidak mendukung untuk pergi ke internet, wah bisa berabe jadinya, malah tidak jadi bermanfaat malah dan sebaliknya. Nah kuncinya adalah keihklasan dari siswa. 

Selain blog media sosial seperti facebook juga dapat di integrasikan dalam pembelajaran secara tidak langsung misalnya dengan mengshare materi ke facebook agar mereka tidak hanya berfacebook ria dengan status tidak berguna atau cinta  monyetnya, namun sekaligus juga belajar seperti  potongan gambar di bawah ini, saya mencoba memberikan share ke salah satu akun milik siswa yang aktif facebookan.

Di bawah  ini sekedar pengalaman saya dalam membagikan informasi blog saya kepada anak dan saya pikir cukup efektif agar dia mau berkunjung ke blog saya. antara lain sebagi berikut ini :
  1. Promosikan blog anda ke siswa saat pembelajaran IPA di sekolah berlangsung, saya lakukan itu, tipnya jika laboratorium penuh karena digunakan praktek TIK maka bisa juga dilakukan di kelas menggunakan modem
  2. Isi konten blog yang memuat kepentingan siswa misalnya adannya tugas-tugas prosedural, materi pengayaan yang dapat di baca siswa yang bisa dikerjakan anak, sehingga ketika anak tidak tahu dia bisa membuka informasi melalui blog kita.
  3. Membuat kelompok-kelompok kelas yang  yang dapat salah satu atau lebih kelompoknya memuat anak-anak yang sering online  di internet sehingga mereka dapat membagikan informasi kepada teman- teman sekelompoknya. Sehingga anak yang tidak memilki dana bisa juga
  4. Memuat banyak foto-foto dari anak yang kita ajar atau kaka-kaka angkatan, dan menurut pengalaman saya ada beberapa  anak didik saya mereka ingin fotonya masuk di blog saya
  5. Memuat video-video pembelajaran yang memuat pengalaman belajar mereka di sekolah sehingga mereka merasa memilki blog yang kita buat, selain juga dapat bermanfaat untuk belajar. 
  6. Memuat informasi  yang mereka sangat butuhkan sekali misalnya nilai hasil ulangan harian. Untuk ini saya mencoba untuk membuat penasaran mereka nilai yang biasanya saya umumkan semuanya di depan kelas  saya hanya mengumumkan siapa yang tuntas dan siapa yang tidak tuntas selanjutnya mereka bisa melihat lengkapnya di blog saya, namun memang lebih baik memuat nilai anak-anak yang tuntas saja karena mereka yang tidak tuntas akan malu. Dan orang tua tentunya sangat senang dengan layanan blog kita yang memuat nilai anak-anak mereka, dan menjdai motivasi tersendiri bagi anak didik kita!
  7. Jika bapak ibu guru punya Akun facebook, Twiter atau google +, silahkan materi pembelajaran bapak ibu di share di sana, agar dapat mendapatkan respon yang baik tentunya namun ingat bahwa mereka juga memilki titik jenuh, jadi silahkan share mana yang merasa postingterbaik bagi anak didik dan mereka butuhkan, sehingga ketika mereka sudah suka dengan blog kita tentunya akan tertaik pada posting yang lainnya.  dan seperti murid saya di atas yang sudah merasa enjoy dengan blog saya.
Nah itulah sedikit tip dari Guru IPA Pati semoga bisa bermanfaat bagi guru-guru yang lain dan salam pendidikan semoga pendidikan di Indonesia menjadi lebih baik lagi.

Kamis, 06 September 2012

Membuat Gelas Berpancuran dari Botol Aqua Bekas

Asyiknya belajar IPA
Ketika kita belajar IPA agar lebih asyik dan lebih terkenang lama maka anak didik kita harus mempraktekkanya. Walau mungkin ada guru yang berkomentar "materi IPA yang mudah tidak praktek anak juga sudah bisa". namun menurut pengalaman saya lain, ketika saya mengajar dengan praktek materi yang mudah jika di ajarkan dengan praktek akan terkeanng sampai lama, bahkan ya sesuaui dengan teori learning to do, atau learning by doing lebih mengena dan mengasyikkan.

Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan pengalaman saya untuk membuat media belajar IPA kelas 7 untuk materi mengukur volume dengan geals berpancuran, seperti yang sudah saya posting materinya disini hal ini saya lakukan bukan karena di sekolah saya tidak memilki gelas berpancuran namun dengan alasan yang di atas tadilah saya melakukan kegiatan ini di sekolah, dan juga anak bisa membuat produk IPA, selain belajar tentang kalibrasi alat pengukuran. Dan saya melihat anak-anak sangat antusias untuk mengikuti pelajaran IPA dengan media yang sangat sederhana dan mudah di buat siswa.

A. Alat dan Bahan

  1. Botol aqua bekas
  2. Selang kecil biasanya untuk waterpas pak tukang ukuran panjang kira-kira 6 cm
  3. Paku ukuran besar (isitilah jawane paku usuk) untuk melubangi botol aqua bekas
  4. Gelas aqua kecil bekas sebagai pengganti gelas ukur
  5. Sepidol marker
  6. Gelas ukur untuk mengkalibrasi
B. Cara pembuatan Media
Cara membuat media gelas berpancuran untuk mengukur volume benda tida teratus adalah sebagai berikut ini:
  1. Gelas aqua di potong kira-kira sepertiganya untuk membuat gelas berpancuran
  2. Gelas aqua yang dipotong tadi dilubangi bagian atasnya kira-kira 1,5 cm dari permuakaan bagian atas. dalam melubangi jangan terlalu besar karena dikawatirkan akan bocor dan air akan tumpah sehingga pengukuran tidak tepat
  3. Setelah itu masuukan selang tadi ke daalm botol aqua yang sudah dilubangi.
  4. Gelas aqua kecil digunakan sebagi gelas ukur dengan membuat skalanya dengan mengkalibrasi (cara menyamakan ukurannya dengan gelas ukur yang ada skalanya) dengan memasukkan air ke dalam gelas ukru yang ada skalanya mislanya 10 ml selanjutnya di tuang dalam gelas aqua bekas selanjutnya di beri tanda menggunakan sepidol marker 10 ml juga di gelas aqua bekasnya. dalam mebuat skala sebaiknya rentang skalanya yang rapat, misalnya 10 ml,20,ml , 30 ml, dan seterusnya.
  5. Setelah selesai siap digunakan untuk mengukur volume benda yang tidak teratur .
D. Cara penggunaan Media
Cara menggunakan gelas berpancuran dapat di jelaskan sebagai berikut ini :
Foto  (koleksi http://guru-ipa-pati.blogspot.com)
  1. Menyiapkan gelas berpancuran dan gelas ukur yang sudah dibuat skalanya. dan Isi gelas berpancuran sampai penuh di batas corong gelas berpancuran.
  2. Selanjutnya memasukkan batu dalam gelas berpancuran dan akibatnya air akan mancur ke dalam gelas ukur yang sudah dibuat. Batu yang digunakan sebaiknya yang volumenya kira-kira mencukupi dengan skala yang sudah dibuat.
  3. Kita hanya langsung melihat volume zat cair tumpahannya saja untuk mengukur volum benda tak beraturannya.
Selamat mencoba, semoga bisa bermanfaat bagi anak didikku sekalian dan bagi guru di seluruh indoensia. salam semangat dari Guru IPA Pati.

Selasa, 04 September 2012

Ayo Anak Didikku Kita Hemat Air!

Beberapa hari ini  saya sering browsing, tentang kondisi alam di Indoensia khususnya di Pati yang menurut data yang ada ada beberapa daerah yang mengalami kekeringan, dan setelah saya membaca salah satu dari internet, ternyata salah satu yang termasuk adalah wilayah kecamatan Gabus walau mungkin itu di kelurahan tertentu, Dan  Ahlamdulillah di Sekolah dan tempat saya tinggali sampai saat posting ini air sumur masih dirasa cukup, walau dua hari yang lalu air di sumur saya sudah harus di keruk untuk mendapatkan sumber air yang lebih banyak lagi.

Tanda-tanda kekeringan juga terlihat di sekitar sekolah  bagaimana tanah-tanah sudah merekah, begitu juga ketika berkeliling melihat bagaimana kondisi lahan pertanian yang tidak bisa tanam di titik-titik tertentu. Dan ketika berdikusi dengan teman MGMP IPA  kemarin juga mendengar cerita dari teman di daerah minus air yang sudah harus membeli air untuk keperluan rumah tangga, 

Dengan melihat hal ini kita sebagai warga pati khususnya pihak sekolah sebagai salah satu media pendidikan lingkungan juga harus peduli dan tanggap, untuk ikut mempromosikan bagaimana  cara menghemat air, bagaimana mengeloloa air sehingga tidak membuang sia-sia hanya untuk cuci motor dengan air bersih misalnya, , dan juga memberikan penyadaran dengan selalu mengingat saudara-saudara di daerah yang minus air. dan hal ini juga di sudah digalalkan oleh Pemkab Pati  dengan saran dan tipnya yang bisa di baca  di sini .
Foto Pembelajaran lingkungan di sekolah 
Dengan kondisi alam seperti ini memang tidak bisa kita mengelaknya, Namun kita sebagai warga harus mencoba mencari solusi pemecahannya. Dan dengan melihat ini beberapa minggu ini di sekolah SMP N 1 Gabus yang di motori oleh bagian kesiswaan dan kebersihan  selaku penanggung jawabnya  sudah mengalakkan menyiram tanaman-tanaman yang sudah mulai kehausan secara bergiliran yang dilakukan pada setiap pagi, dan  selalu melakukan jum'at bersih di setiap hari jumat.walau ada beberapa yang memang sudah tidak bisa dipertahankan lagi misalnya pohon rambutan yang memang di pati selatan kurang familiar karena tanahnya berkapur tidak mampu bertahan selain karena panasnya cukup menyengat sehingga penguapan air cukup banyak.  

Selain  itu guru-guru SMPN 1 Gabus juga giat berkampanye kepada siswa untuk menghemat air, dan memberikan pembelajaran yang terintegrasi walau kadang bersifat spontanitas, khusunya IPA memang ada materinya. kepada peserta didiknya salah satunya adaalh dengan media blog ini yangdiharapkan di baca oleh anak didik kami, dan sekolah berharap juga agar siswa dapat mengkampanyekan kepada keluarga dan sanak saudara di rumahnya masing-masing. Dengan penghematan air ini semoga kita di SMP N 1 Gabus masih mampu bertahan untuk ke depannya sampai musim hujan tiba sehingga tidak harus membeli air lagi.

Kita sebagai seorang guru juga berharap lembaga yang peduli lingkungan untuk datang juga ke sekolah memberikan kampanye-kampanye dan cara-cara menanggulangi kekeringan atau cara mengatasi kekeringan tersebut, sehingga dengan ini diharapkan sinergi sekolah dan lembaga terkait selain sebagai media belajar Anak di sekolah.
Kegiatan  Doa Bersama di SMP N 1 Gabus
Sebagai penutup tentunya kita sebagai manusia juga harus berintropeksi diri dengan kekurangan kita, selau lmemohon ampun atas dosa-dosa kita,  selalu mengingat akan kuasa Sang pencipta alam raya ini  yaitu Allah yang maha besar dengan mensyukuri nikmatnya, sehingga kita selalu berdoa dan diringi dengan ihtiar sungguh-sungguh agar dicauhkan dari segala  macam bencana.

 Baca juga Artikel saya yang dimuat di republika pendidikan  lingkungan di sini

Senin, 03 September 2012

"Berat Saya 60 kg Pak Dokter". Benarkah kalimat ini dalam Fisika?

Ketika Andi sedang memeriksakan tubuhnya yang sakit, pak dokter menyuruh menimbang Andi. Anbilang sama pak dokter "Berat saya 60 kg, Pak dokter!", Sering kalimat ini di gunakan kita gunakan untuk mengukur sebuah berat badan atau berat  benda yang lain dalam keseharian. Namun apakah benar menurut fisika mari kita pelajari bersama!


Dalam fisika selain berat juga di kenal dengan massa, ternyata massa dan berat ini berbeda dan tidak sesuai dengan pernyataan di atas tadi. Jika massa satuan yang digunakan adalah kg, sedangkan berat adalah Newton. Karena massa adalah jumlah materi yang terkandung pada benda sedangkan berat adalah grafitasi yang bekerja pada benda itu. 

Selain itu massa dan berat juga berbeda besarannya, jika massa adalah besaran pokok yaitu besaran yang satuannya  sudah  ditetapkan terlebih  dahulu tidak diturunkan dari besaran yang lain. sedangkan Berat adalah besaran vektor yaitu besaran yang memilki nilai dan arah. Sebagai contoh mislanya ada anak menimbang berat bandul 3  Newton dengan neraca pegas,  maka gaya berat ini memilki nilai yaitu 10 Newton dan arahnya ke bawah sepertti gambar di bawah ini, neraca pegas ke tarik gaya gravitasi bumi arahnya ke bawah. 
Foto mengukur gaya dengan neraca pegas
Alat ukur yang digunakan bisannya juga berbeda alat ukur gaya biasanya menggunakan di namomter seperti gambar di atas walau dinamometer ini juga dapat mengukur massa suatu benda, sedangkan massa dapat di ukur menggunakan neraca, seperti contoh di bawah ini!
Foto Praktek Mengukur Massa dengan Neraca Tiga Lengan 
Sekarang kita bisa menjawab apakah pernyataan di atas benar atau salah menurut fisika? Jadi yang tepat  dalam fisika adalah massa saya 60 kg Pak Dokter, bukan berat saya 60 kg Pak dokter, karena  orang tersebut mengukur massa bukan berat. 
Sekarang berat pengukuran di atas berapa? Nah berat adalah gaya grafitasi yang bekerja pad benda itu. Jika orang tersebut mengukur bendanya di bumi maka tentunya berat bendanya adalah massa di kalikan dengan grafitasi yang  bekerja pada benda tersebut.
w = m x g
w = gaya berat satuuanya Newton ( N )
m= massabendasatuannyakilogram ( kg )
g = percepatangravitasisatuanya ( m/s2
Percepatangrafitasi menurut penelitian yang ada yaitu 9,8  m/s2. Atau sering jika dalam perhiutungan di bulatkan menjadi 10   m/s2 . Jadi kita sekarang bisa menentukan berapakah berat orang tersbut di bumi yaitu  60 kg x 10  atau sekitar 600 Newton.   

Sekarang ada pertanyaan buat kalian  bagaimana berat dan massa orang tersbut jika di bawa ke bulan? ternyata menurut para ilmuwan massa tidak di pengaruhgi oleh gravitasi sehingga dimana- mana sama sedangkan berat tergantung dengan gravitasinya.  Jadi berat benda di bulan juga berubah. Gravitasi di bulan menurut ilmuwan yaitu sekitar 1/6 grafitasi bumi atau sekitar 1,6  jadi berat orang terbut akan berkurang. sehingga dari sini kita juga bisa menjawab pertanyaan Mengapa orang di bula kok bisa melayang-layang. Hal ini  di karenakan gravitasi  dibulan kecil sehingga berat orang tersebut berkurang. 
Sekarang kita bisa merangkum pernbedaan massa dan berat sebagi berikut ini :

Perbedaan
Massa
Berat
Satuan
Kg
Newton  atau kg m/s2
Definisi
Jumlah materi yang terkandungpada benda tersebut
Gaya grafitasi yang bekerja pada benda tersebut.
Posisi
Dimana- mana sama tidak di pengaruhi grafitasi
Tergantung posisinya karena di pengarhui oleh grafitasi
Besaran
Skalar (memilki nilai saja)
Vektor ( memiliki nilai dan arah)

Sekarang kalian sudah tidak bingung lagi bukan cara membedakan massa dan berat dalam kehidupan sehari-hari dan di fisika berbeda. bukan berarti nanti ketika kalian periksa ke dokter selanjutnya menyalahkan pak dokternya pak yang diukur bukan berat tapi massa, karena semuannya itu sudah menjadi bahasa yang sudah di akui dan digunakan dalam keseharian. dan tentunya dokternya pun sudah tahu karena pernah belajar fisika. 

Ayo Diskusi danpecahkan masah di bawah ini!
Sekarang ada soal buat kalian untuk di pecahkan Jika ada sesorang menimbang benda yaitu 98 N sedangkan  diketahui grafitasi di bumi adalah 9,8 dan grafitasi di bulan adalah  maka jika oarng tersebut mengukur beratnya di bulan hasil pengukurannya berapa?

Pembahasan
Diketahui :
Wbm = 98 N
gbm = 9,8 N/kg
gbln = 1,6 N/kg
Ditanyakan Wbl = ...N
Jawab :
Karena m belum diketahui maka kita mencari m = Wbm: gbm = 98:9,8 = 10 kg
Wbl = m x gbln = 10 kg x 1,6 N/kg = 16 N
Jadi berat benda di bulan berkurang dari 98 N menjadi 16 N
)
Ayo berlatih dan uji kemampuanmu tentang gayas di sini, lihat juga materi yang lainnya!
Photobucket►Soal PembahasanPhotobucket►Uji KompetensiPhotobucket►Daftar Materi IPA

Minggu, 02 September 2012

PPT Image Processing

Hasil PPT Image Proccesing 
Power point yang sering kita gunakan untuk presentasi ternyata juga  bisa digunakan untuk membuat gambar yang menarik lho!  Nah sebenarnya caranya mudah sekali hanya dengan "edit point" saja kok  dan di ramu dengan rasa seni dan kreatifitas, jika kesulitan bisa trace  gambar yang sudah ada,  memang tidak semudah misalnya menggunakan Flash, tetapi ini merpakan solusi bagi guru-guru yang belum mengenal flash. dan kelebihanya bisa menampilkan efek tiga dimensi yang bagus.

Nah pada lomba Pembuatan bahan Ajar mandiri berbantuan Komputer (Multimedia) yang di adakan di LPMP sudah banyak yang menggunakannya  salah satu contohnya adalah gambar di atas yang saya gunakan Pada lomba Multimedia Alhamdulillah dapat Juara III  di Lomba tersebut. Pada tanggal 11-15 Desember ini juga di adakan pelatihan berhubungan dengan PPT image processing, Wah hasinya cukup menarik membuat robot dengan efek tiga dimensi yang tidak kalah jauh kalah dengan Aplikasi tiga dimensinya...he2 walau membuatnya tentunya lebih lama dengan Sofware 3 dimensi. 

Langkahnya cukup mudah untuk Power point 2007 sebagai berikut : 
1. Insert Shape atau Gambar misalnya oval  di slide 
2. Klik Format gambar lalu Edit shape lalu  Convert to Freeform Seperti gambar di bawah ini.

3. Klik Gambar lagi dan klik  Edit shape  lalu klik  Edit Point 

4. Untuk mempercantik bisa digunakan efek 3 dimensi klik gambar lalu klik format, dan  klik  Shape Effect seperti gambar berikut ini!
Gambar Membentuk effek 3 dimensi
Edit point ketika Bapak ibu guru menggunakan  power point 2010 edit point   lebih mudah cara editingnya. 
Untuk membeuat gambar bentuk  3 dimensi dengan power point silahkan baca di sini 
Untuk Melihat video cara membaut  Buton 3 dimensi sebagai berikut ini! 

Selamat mencoba, Salam pendidikan dari Guru IPA Pati, semoga bermanfaat kuncinya.   

Sabtu, 01 September 2012

Membuat Buton 3 Dimensi dengan Power Point 2010


Disini saya akan melengkapi tutorial yang dulu saya pernah buat yaitu membuat bentuk 3 dimensi yang anda bisa baca disini . Kadang kita ingin membuat bentuk buton 3 dimensi dalam power point untuk keperluan pembuatan multimedia pembelajaran interaktif agar templat yang anda gunakan lebih menarik lagi.

Namun untuk Kali ini saya buatkan tutorial untuk dalam bentuk video yang dapat bapak ibu seklain lihat . danInsyaAllah caranya sangat mudah semoga bermanfaat.


Untuk mendonload video ini silahkan klik disini klik file lalu silahkan anda download atau unduh.