Jumat, 20 Juli 2012

PEMBASAHAN SOAL UN (UJIAN NASIOANAL) IPA TAHUN 2012 BAGIAN 2


Ujian nasional tahun 2013 direncanakan 20 paket sehingga sejak sekarang mau tidak  mau anak didikku harus segera siapkan diri jika tidak ingin kalian kerepotan nantinya. Nah untuk membantu kalian di sini Guru IPA Pati akan memberikan soal dan pembahasan UN IPA tahun 2012, yang di bahas adalah paket A86   dengan pembahasan soal ini kalaian  dapat digunakan untuk belajar kalian di rumah. semoga bisa bermanfaat.   Untuk tahap i ini soal no 1 sampai dengan soal no 4. 


KKM IPA Kelas 8


KKM Ini dapat digunakan untuk membantu anak didik dalam meperkirakan indikator yang harus dikuasai semoga bisa bermanfaat. untuk memperbesar klik tanda + dan memperkecil tanda - dan untuk full screen tanda panah


Cara Mengukur Menggunakan Jangka Sorong dan Mikrometer Skrup !

Kadang memang benar perkataan orang teori belum tentu sama dengan praktek. nah ini pengalaman saya sebagai seorang guru, mungkin bapak ibu guru sekalian sering mengajar tidak menggunakan praktek pada materi ini, dan kemungkinan anak bisa menjawab soal namun belum tentu mereka bisa praktek. nah ini sedikit cara menggunakan jangka soorng dan mikrometer skrup semoga bisa membantu.

A. Cara mengukur menggunakan jangka sorong adalah sebagai beriku ini :

1. perhatikan gambar jangka sorong di bawah ini!


2. Setelah kita mengendorkan skrup penjepit dan geser rahang geser ke kanan
3. Jika kita ingin mengukur panjang maka diletakkan benda di antara rahang tetap dan rahang bawah
4. menutup kembali rahang geser sehingga benda yang diukur tidak bergerak, namun jangan sampai tertekan karena akan mempengaruhi hasil pengukuran.
mengecangkan skrup penjepit
5. Membaca skala utama dan skala nonius seperti gambar di bawah ini.

B. Cara mengukur menggunakan Micrometer skrup.


1. Perhatikan gambar mikrometer skrup di bawah ini.


2. Putar skrup pemutar atau silinder bergerigi.
3. Pasang benda di antara rahang putar dan rahang tetap
4. kencangkan kembali silinder begerigi samapi benda yang diukur tidak bergerak, jangan terlalu kencang agar tidak mempengaruhi pengukuran
5. membaca skala utama dan skala putar seperti di bawah ini.


Ayo berlatih dan uji kemampuanmu di sini, lihat juga materi yang lainnya!
Photobucket►Soal&PembahasanPhotobucket►Uji KompetensiPhotobucket►Daftar Materi IPA

Kamis, 19 Juli 2012

Minggu Evektif Kelas VIII 2012/2013

Rincian ,minggu Ini dapat digunakan untuk membantu pelajaran dan semoga bisa bermanfaat. untuk memperbesar klik tanda + dan memperkecil tanda - dan untuk full screen tanda panah



Selasa, 17 Juli 2012

Soal dan Pembahasan Listrik statis


Anak didikku mari kita belajar bersama dengan selalu berlatih mengerjakan soal- soal Besaran dan Satuan yang ada ini semoga dapat bermanfaat, dan dapat meningkatkan kompetensi anak didikku sekalian.

1. Perhatikan gambar di bawah ini!

Jika ada bola bermuatan digantungkan pada sebuah tali dan dalamposisi seperti gambar di atas. JIka diketahui muatan D positif maka muatan A , B dan C berturut-turut adalah….

Pembahasan
Muatan senama tarik menarik dan muatan tidak senama tolak menolak . maka dapat disimpulkan C negatif karena tarik menarik dengan muatan D, dan B negatif sama dengan C karena tolak menolak. dan A positif karena saling tarik menarik dengan B

2.Kapan benda dikatakan bermuatan negatif atau posiitif ?

Pembahasan
Benda dikatakanbermuatan negatif jika benda tersebut kelebihan elektron dan benda dikatakn bermuatan postif jika benda tersebut kekurangan elektron


3.Jelaskan sifat muatan ketika dua muatan tidak sejenis dan tidak muatan yang tidak sejenis didekatkan !


Pembahasan
Jika dua muatan tidak sejenis didekatkan maka saling tarik menarik, dan jika muatan yang sejenis di dekatakan akan tolak menolak. Contohnya muatan + dan mjuatan negatif didekatkan akan tarik menarik dan jika muatan sama-sama – maka akan tolak menolak

4.Tentukan besar gaya listrik yang terjadi pada muatan listrik benda A, – 3 C, dan B, + 4 C, yang terpisah pada jarak 1 m jika tetapan listrik k = 9 x 109 Nm2C-2 !

Pembahasan

5.Berilah 2 contoh gejala listrik statis dalam kejadian sehari-hari

Pembahasan
Contoh gejala listrik statis dalam kejadian sehari-hari :
-terjadinya petir yang menyambar permukaan bumi
-menempelnya potongan plastik laminating pada tangan
-menempelnya tinta pada mesin fotokopi laser

6.Berilah 2 contoh peristiwa yang dapat menghasilkan benda sehingga dapat bermuatan listrik!!
Klik pembahasan untuk melihat dan menutupnya

Pembahasan
Peristiwa yang dapat menghasilkan benda sehingga dapat bermuatan listrik :
o mika yang digosokkan pada rambut
o penggaris plastik yang digosok dengan kain wool
o sisir plastik yang digosok dengan kain wool

7.Apabila sisir plastik digosok dengan rambut yang terjadi adalah...

Pembahasan
Pada percobaan diperoleh bahwa batang kaca yang didekati sisir plastik akan tarik-menarik. Hal ini terjadi akibat gosokan dengan kain wol batang kaca bermuatan positif dan sisir plastik akan bermuatan negatif. Dengan demikian, muatan yang tidak sama (positif – negatif) apabila berdekatan akan saling menarik.


8 Perhatikan Gambar di bawah ini!

Jelaskan gerakan masing-masing grafik dari A samapi dengan D

Pembahasan
Pengaris plastik menerima eelktron dari kain wol sehingga penggaris plastik menjadi bermuatan negatif karena kelebihan elektron . sehingga dapat menarik kertas-kertas kecil

9.Dua buah muatan besarnya QAdan QB berada pada jarak r memiliki gaya Coulomb sebesar F1. Berapakah besar gaya jarak kedua muatan diperbesar 4 kali.


10. Sering ketika hujan terjadi , maka kita dapat melihat petir , jelaskan terjadinya petis berdasarkan teori yang ada!

Pembahasan :
•Sebelum terjadi petir, muatan listrik terbentuk di dalam awan ketika butiran- butiran air saling menggosok satu sama lain.
•Kemudian terjadi pemisahan muatan di dalam awan. Bagian bawah awan menjadi bermuatan lebih negatif, menye-babkan muatan-muatan positif ter-induksi ke permuka-an tanah .
•Terjadi sambaranpetir dari awan ke tanah ketika muatan negatif (elektron) meloncat dari awan bagian bawah ke titik tertinggi di atas tanah yang bermuatan positif.





Yuk Praktek Miniskus Cekung

A. Alat dan bahan :
  1. air
  2. tabung reaksi atau pipa kapiler.
  3. pipet

B. Cara kerja :













Sumber foto : http://guru-ipapati.blogspot.com
  1. Masukkan air dan pipet dalam tabung reaksi
  2. Amatilah bentuk permukaan zat cair dalam tabung reaksi bagimana bentuk miniskusnya cekung atau cembung
C. Pertanyaan :
Bagaimana bentuk miniskus air pada tabung reaksi tersebut?
Mengapa terjadi hal seperti itu! jelaskan


jawaban :
Pada peristiwa di atas akan terjadi peristiwa miniskus cekung. Miniskus cekung dapat terjadi karena adesi partikel air dan kaca pada tabung reaksi lebih besar dibanding dengan kohesi partikel air itu sendiri.

Di bawah ini merupakan video pembelajaran praktek miniskus cekung dari murid saya , semoga bermnfaat.

Senin, 16 Juli 2012

Tip Belajar UKG Menggunakan Internet dan Sharing dengan Teman Sejawat

UKG ini dilaksanakan untuk semuanya guru, tidak semuanya guru mengajar di kelas tinggi misalnya guru SD sering mereka hanya mengajar kelas rendah dengan banyak faktor, mungkin spesialis, Nah ini membuat mereka kurang menguasi materi-materi kelas tinggi. Waktu UKG sudah semakin dekat, tak mungkin kita buka-buka buku dengan materi yang cukup banyak..

Disini ada beberap tip yang bisa diakukan agar kita tidak ketinggalan dengan materi, menggunakan fasilitas internet caranya gimana.

1. bapak ibu silahkan membuka kisi-kisi yang ada tentunya filenya bebrbentuk Pdf, selnjutnya blog materi yang akan anda cari di internet.


2. silahkan bapak ibu terhubung dengan mbah google, setelah kebuka silahkan pastekan (control V) di pencarian seperti gambar doi bawah, dan selanjutnya akan muncul beberapa blog atau situs berhubungan dengan pencarian. dan Bapak ibu silahkan mencari web yang bagus jangan blog yang sembarangan, jika bisa sumbernya yang jelas orangnya.


3. selanjutnya tinggal bapak ibu membuka materi yang ada tadi dan menutupna kembali atau membuka materi yang lain yang dibutuhkan.

4. slemat mencoba semoga sukses.

Dengan cara di atas tentunya Bapak ibu sekalian bisa menhemat waktu dan tenaga , tidak perlu mempersiapkan buku- buku yang ada. Selain cara di Atas bapak ibu bisa bertanya kepada adik yunior yang kemarin baru UKA (uji kompetensi awal. saya melihat banyak kesamaan kisi-kisi materi uji profesional khususnya IPA dengan kisi-kisi UKG) . sehingga mungkin bisa Bapak ibu sekalianbelajar dari teman sejawat, jika perlu ada bedah kisi-kisi UKG atau bertanya dengan teman sejawat yang sudah mengikuti UKA kemarin.

Dan mungkin ini pengalaman dari yang pernah ikut UKA soalnya cukup menyita waktu dengan soal yang panjang uraiannya, atau dalam bentuk grafik atau data-data sehingga kemungkinan waktu untuk mengerjakan bisa cepat dan tentunya harus cermat. dan juga disipakan materi yang indikatornya sama tapi mungkin kwalitasnya diatas ujian rata-rata anak didik kita misalnya soal SMP IPA kemungkinan soal yang indikator sama bisa setara dengan soal SMA,walau hanya beberapa soal, untuk soal pedagogik kemarin saat UKA memang kebanyaakn berisi penerapan pembelajaran sesuai dengan bidangnya masing-masing dihubungan dengan teori pedadogik yang ada. silahkan Bapak coba trik di atas semoga bisa membantu.


ini ada video yang saya dapatkan dari Pak Samsira LPMP Jateng mungkin bisa membantu.


Download video klik disini lalu klik file lalu download

Tapi dari kesuamnya itu yang terpenting tenang dan tidak perlu kawatir, dan harus bekerja keras, dan cerdas. untuk mendapatkan hasil yang maksimal