Senin, 21 Mei 2012

Alhamdulillah SMP 1 Gabus Maju Seleksi Olimpide tingkat Propinsi 2012


Alhamdulillah berkat rahmat Allah SMP N 1 Gabus bisa mempertahankan prestasi sebelumnya yaitu lolos seleksi tingkat kabupaten untuk bidang studi IPA-Fisika dan IPA-Biologi, seperti tahun lalu, dan berhak ikut seleksi tingkat propinsi tanggal 1-2 juni 2012 yang akan datang. Selmat buat Mbak Dewi Alwiyah (IPA- Fisika) peringkat 46 dari 2036 siswa nilai 70 sama dengan pasing grade terakhir hanya kalah di soal yang sukar. Dan juga buat Mbak Novia Dwi Haryani peringkat 3 kabupaten nilai 260. Selamat dan teruskan perjuangan, jangan menyerah, jangan Pesimis, dan selalu bekerja keras untuk mendapatkan apa yang kalian impikan. Dan ketika nanti belum juara janganlah berputus asa, karena begitu banyak nikmat-Nya.

Bagi teman-teman yang belum sempat lihat pengumuannya lihat disiniDinas Pendidikan Jateng. Disini dilihatkan Passing Grade , Perwakilan Kabupaten/Kota 70 Siswa, Hasil Globalnya sehinga bisa melihat bagaimna kemampuan daerahnya masih-masing. disini Dengan begitu ketika belum pernah masuk untuk mengikuti seleksi ini, bisa di coba untuk tahun ke depan. di sini ada beri ling untuk daftar peserta yang merupakan perwakilan kab/kota 70 besar yang ada murid saya. IPA fisika dan IPA biologi

Tentunya perjuangan untuk meraih ini tidak mudah, dengan modal murid yang memang kapasitas kemampunya jauh dari murid-murid kota,sehngga butuh waktu yang lama dan dengan proses yang panjang. Dan teringat kata teman senior, "bahwa inilah sebuah perjuangan, dan perjuagan itu tidak pernah berhenti sampai kita terkubur nanti".

Salah satu pengalaman ketika saya melihat salah satu perwakilan pati dari sekolah RSBI yang masuk pasing grade dengan nilai 82 sungguh saya saya sangat salut bagaimna luar biasanya melihat sendiri bagaimna suport orang tua dengan dana, biaya dan tenaganya. Dan memang betul kata orang salah satu kunci keberhasilan anak adalah dengan suport orang tua.

Hal ini saya lihat juga ketika saya mengantarkan anak olimpiade dulu begitu orang tuanya habis-habsan memberikan suport, materiil dalam bentuk mengundang pembimbing dengan biaya yang mahal, dengan gizi yang memadai, dengan fasilitas buku yang lebih dari standar yang ada.

Tentunya fasilitas di atas tidak semuanya ada di sekolah kami, sekolah kami tentunya sangat berbeda dengan sekolah kota, dengan kondisi orang tua yang kebanyakan merantau tentunya suport orang tua hanya jauh saja, (namun mungkin doanya ampuh kali). sehingga kita banyak mengandalkan dari kerja keras murid yang begitu luar biasa.

Salah satu murid saya ini hanya dengan simbahnya saja, tetapi saya salut memiliki motivasi belajar dan ingin menjadi juara, pernah saya datang ke ruamhnya dan simbahnya hanya bilang "titip putuku ya pak guru". Kata-kata ini yang membuat motivasi tersendiri bagi kamu guru IPA di SMP N 1 Gabus untuk terus berprestasi. dan untuk mendapatkan ilmunya dari gurunya harus naik sepeda berkilo-kilo setiap sore dapat bimbingan dari gurunya.

Dan jika berbicara tentang pendidikan karakter tentunya anak-anak seperti inilah yang kita cari, berprestasi, suka kerja keras, dan tetap rendah diri, berdaya saing.

Disini kita kutip tema Kebangkitan nasional Dengan semangat kebangkitan nasional, kita tingkatkan kesadaran berbangsa dan bernegara yang berkarakter, damai, dan berdaya saing menuju masyarakat sejahtera.

Rabu, 16 Mei 2012

Latihan Soal Olimpiade (kalor)

Adik-adikku yang ingin bersiap olimpiade Ayo kita berlatih bersama mengerjakan soal-soal siap olimpiade. Dengan banyak berlatih insyaAllah akan menadapatkan yang terbaik.








Klik pembahasan untuk melihat dan menutupnya





Selasa, 15 Mei 2012

Soal dan Pembahasan Tata Surya

Anak didikku mari kita belajar bersama dengan selalu berlatih mengerjakan soal- soal Besaran dan Satuan yang ada ini semoga dapat bermanfaat, dan dapat meningkatkan kompetensi anak didikku sekalian.

1.Jelaskan Tentang terjadinya pasang purnama dan gambar juga bagan terjadinya pasang purnama!


2.Komet memilki ciri-ciri dibandingkan dengan anggota tata surya yang lain sebutkan cicir-ciri komet tersebut!


Pembahasan
a. lintasanya lonjong
b. ekornya selalu membelakangi matahari
c. semakin dekat dengan matahari ekornya semakin panjang

3.Apa perbedaan antara planet luar dan planet dalam dan sebutkan planet-planet tersebut!

Pembahasan
Delapan planet dalam tata surya kita dikelompokkan menjadi dua, yaitu planet luar dan planet dalam.
•Planet luar adalah planet-planet yang terletak diluar sabuk asteroid dilihat dari matahari. Yaitu jupiter, saturnus dan uranus.
•Planet dalam adalah planet-planet yang terletak antara matahari dengan sabuk asteroid. Yaitu merkeruis, venus, bumi dan mars

4.Perhatikan gambar di bawah ini!

Jelaskan tentang sabuk asteroid yang lintasannya berada di antara mars dan yupiter!

Pembahasan
Sabuk Asteroid terbentang di antara planet Yupiter dan Mars. Sabuk Asteroid merupakan bongkahan-bongkahan batu yang tersusun oleh materi-materi seperti materi penyusun planet, yaitu gas beku dan debu. Seandainya tidak dekat dengan Yupiter, Asteroid mungkin telah menjadi planet. Gaya gravitasi Yupiter yang luar biasa besar, tak memungkinkan materi Asteroid berubah menjadi planet.

6.Apa perbedaan meteor , meteorid dan meteoroid!

Pembahasan
•Meteoroid adalah batuan-batuan kecil yang sangat banyak dan melayang-layang di angkasa luar. Batuan-batuan ini banyak mengandung unsur besi dan nikel.
•Batuan-batuan ini masuk ke atmosfer bumi karena pengaruh gravitasi bumi. Gesekan dengan atmosfer bumi menghasilkan panas yang membakar habis batuanbatuan itu sebelum sempat mencapai permukaan bumi. Batuanbatuan atau benda langit yang bergesekan dengan atmosfer bumi dan habis terbakar sebelum sampai di permukaan bumi disebut meteor.
•Adapun batuan-batuan yang tidak habis terbakar dan sampai di permukaan bumi disebut meteorit.

7.Jelaskan Gejala-gejala aktif pada matahari atau aktivitas matahari sering menimbulkan gangguan-gangguan pada matahari.
Klik pembahasan untuk melihat dan menutupnya

Pembahasan
1.Gumpalan-Gumpalan pada Fotosfer (Granulasi)
Gumpalan-gumpalan ini timbul karena rambatan gas panas dari inti matahari ke permukaan
2.Bintik Matahari (Sun Spot)
Bintik matahari merupakan daerah tempat munculnya medan magnet yang sangat kuat
3.Lidah Api Matahari
Lidah api matahari merupakan hamburan gas dari tepi kromosfer. Matahari, Lidah api sering disebut prominensa atau protuberan
4.Letupan (Flare)
Flare adalah letupan-letupan gas di atas permukaan matahari. Flare dapat menyebabkan gangguan sistem komunikasi radio

8.Arah rotasi bumi dari barat ke timur. Rotasi bumi menyebabkan beberapa hal sebutkan!

Pembahasan
1.Gerak semu harian matahari
Sepanjang pagi hingga petang hari, matahari seolah-olah bergerak. Matahari terbit di sebelah timur, lama-kelamaan bergerak dan tenggelam di sebelah barat.
2.Terjadinya siang dan malam serta perbedaan waktu di berbagai daerah
3.Pembelokan arah angin
Pembelokan arah angin berdasarkan hukum Buys Ballot yang
4.Pemepatan di kutub dan penggembungan dikatulistiwa


9.Gambarkanlah gerak semu matahari yang mengakibatkan terjadinya perubahan musim di beberagai negara!


9.Dua buah muatan besarnya QAdan QB berada pada jarak r memiliki gaya Coulomb sebesar F1. Berapakah besar gaya jarak kedua muatan diperbesar 4 kali.


10.Jelaskan dan gambarkan terjadinya gerhana matahari



Rabu, 09 Mei 2012

Apa Perbedaan GLB dan GLBB?

Mobil Bergerak
Tentu kalain pernah melihat mobil bergerak lurus bukan,dan tentunya memilki kecepatan tertentu. Sekarang apakah setiap mobil yang beregrak lurus itu selalu bergerak secara beraturan atau dengan kecepatan selalu tetap. Atau mengalami perubahan. Nah untuk kali ini kita belajar tentang gerak lurus .
A. GLB dan GLBB
Berdasarkan kecepatannya, gerak lurus dibagi menjadi 2, yaitu:
1. Gerak Lurus Beraturan (GLB)
GLB yaitu gerak yang lintasannya lurus dengan kecepatannya tetap
2. Gerak lurus berubah beraturan (GLBB)
GLBB yaitu gerak yang lintasannya lurus dan kecepatannya berubah secara teratur

Untuk lebih mengetahui perbedaan GLB dan GLBB marilah kita pelajari lebih lanjut

1. Gerak Lurus Beraturan (GLB)
Sebuah benda dikatakan bergerak lurus beraturan bila mempunyai lintasan lurus dan dalam selang waktu tertentu gerak benda tersebut mempunyai kecepatan tetap. Pada gerak lurus beraturan, benda menempuh jarak yang sama dalam selang waktu yang sama pula. Sebagai contoh, mobil yang melaju menempuh jarak 2 meter dalam waktu 1 detik, maka satu detik berikutnya menempuh jarak 2 meter lagi, begitu seterusnya.
a. Contoh GLB dalam keseharian :
1) Pada jalan tol yang lurus mobil dalam selang waktu tertentu memiliki kecepatan tetap.
2) Jika sebuah benda dilempar pada ruang hampa maka benda akan bergerak dengan kecepatan tetap

b. Rumusan Matematis GLB
Untuk GLB ini secara matematis dapat dirumuskan sebagai berikut.

s = v x t
Keterangan:
v = kecepatan (m/s)
s = perpindahan (m)
t = waktu (s)

c. Hasil Pita ketik Tiker Timer dan Grafiknya

Untuk mengetahui jenis gerak benda biasannya digunakan percobaan menggunakan ticker timer atau pewaktu ketik. yang gambarnya dapat dilihat seperti di bawah ini.

Jenis gerakan benda dapat dilihat dari pita rekaman tiker timer. Benda bergerak lurus beraturan (GLB) akan menghasilkan tanda ketikan yang jaraknya selalu sama dalam selang waktu tertentu.
Gambar Hasil tiker timer untuk Gerak Lurus beraturan dengan kecepatan kosntan. Secara skematis grafik dapat digambarkan sebagai berikut :

2. Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB)
Coba kamu perhatikan apabila sebuah sepeda motor bergerak menuruni sebuah bukit, bagaimanakah kecepatannya? Tentu saja kecepatannya semakin bertambah besar. Gerak lurus berubah beraturan (GLBB) adalah gerak benda pada lintasan lurus dengan kecepatannya berubah secara teratur tiap detik. Kamu tentunya masih ingat bahwa perubahan kecepatan tiap detik adalah percepatan. Dengan demikian, pada GLBB benda mengalami percepatan secara teratur atau tetap.
GLBB ada dua macam GLBB dipercepat dan GLBB diperlambat ..
a. GLBB dipercepat
GLBB dipercepat yaitu gerak suatu benda yang mendapat tambahan kecepatan dalam setiap detik.
Buku BSE Kelas VIII
Contoh : benda bergerak turun diatas bidang miring atau benda jatuh bebas dari ketinggian tertentu. pada GLBB dipercepat jika dilakukan percobaan dengan tiker timer akan menghasilkan tanda ketikan pada tiker timer yang jaraknya semakin besar dan perubahannya secara teratur.



Secara skematis grafik hubungan antara kecepatan (V) dengan waktu (t) dan s terhadap t pada GLBB dipercepat adalah sebagai berikut ini :

b. GLBB diperlambat
GLBB diperlambat yaitu gerak benda yang semakin berkurang kecepatannya dalam setiap detik
Contoh: Benda dilempar vertikal ke atas contoh lain adalah mobil yang melaju, kemudian di rem
Hasil tiker timer untuk GLBB diperlambat adalah sebagai berikut ini dihasilkan tanda ketikan semakin kecil berarti benda melakukan gerak diperlambat.


Secara skematis Grafik hubungan antara kecepatan (V) dengan waktu (t) dan s terhadap t untuk GLLB diperlambat adalah sebagai berikut ini :

Ayo berlatih dan uji kemampuanmu di sini, jangan ketingalan dengan baca materi yang lainnya!
Photobucket►Soal&PembahasanPhotobucket►Uji KompetensiPhotobucket►Daftar Materi IPA

Rabu, 02 Mei 2012

Galeri Foto Kegiatan Praktek IPA 1

Ini adalah merupakan kegiatan praktek yang dilakukan SMP N 1 Gabus, semoga anak- anakku di SMP N 1 Gabus menjadi bangga karena tidak semua sekolah mau menerapkan praktek dalam pembelajaran IPA. Dan tetaplah semnangat belajar agar menjadi kebanggaan guru semuanya.


Selasa, 01 Mei 2012

Hari Pendidikan Nasional 2012 Masih Ada PR


PR Pendidikan kita bersama

Kemarin saya berkesempatan menunggui UN SMP di salah satu sekolah yang masih memprihatinkan dengan gedung seadanya dengan atap yang tidak lurus karena sudah termakan usia. Dengan murid seadanya pula bahkan kata kepala sekolahnya "mohon maaf pak ini hanya murid sisa, kita openi kasihan mereka dari pada mereka tidak sekolah, keluyuran kesana kemari tidak jelas". namun hebatnya walaupun sekolah swasta untuk memberi semnagat mereka maka mereka sekolah tanpa biaya.

Ketika saya bertugas piket tidak menjaga saya berjalan-jalan melihat lab.komputer hanya terlihat ada 4 komputer bekas yang tidak terawat dan ada guru yang menyambangi saya "maaf pak kadang komputernya macet tidak bisa berjalan jadi hanya bisa teori saja, hanya bisa beli bekas". Dan lebih memprihatinkan lagi ruanganya hanya sekitar 1,5 meter kali 5 meter sungguh menjadi pandangan memprihatinkan.

Setelah saya mengambil soal UN saya sempatkan untuk bertanya sama mereka "apakah semua yang ada di ruang ini nanti akan meneruskan ke SMA?" , yang lainya diam. dan ada beberapa yang menjawab " jika ada rizki pak, jika tidak ya ngewangi ngarit angon wedus Pak". Ngelus dada.

Setelah akhir dari UN yang ada salah satu teman yang memang baik bagi saya dia bertanya sama mereka " Ayo di baca tulisan di LJUN kalian apa yang kalian tulis!"
"Saya mengerjakan dengan jujur pak!" jawab mereka. Apakah ada pengaruhnya ya tulisan tersbut di mata anak, atau hanya sekedar hanya tulisan tidak bermakna. Setelah pulang di mobil kami sempat bercanda memang benar tulisan di LJUN "saya mengerjakan dengan jujur ,kalau saya ...he teruskan sendiri saja ya.

Dengan membaca tulisan di atas kadang ada sesuatu yang mengganjal ketika kita melihat sekolah dengan fasilitas yang lengkap kadang tidak ada yang menggunakannya. bahkan ada teman facebook yang mengatakan apakah perlu roling guru ya biar fasilatas ICT di sekolah ini dapat dimanfaatkan dengan baik. dan tentunya Bapak Ibu sekalian bisa merasakan juga bagaimna kondisi sekolah Bapak ibu jika ada fasilitas ICT yang lengkap apakah sudah di gunakan? lebih parah lagi jika banyak guru yang tidak bisa mengoperasikan fasilitas tersbut dengan alasan tidak mau ribet.


lagi-lagi jika masalah dengan dana menjadi ironi sekali jika ada sekolah besar dan faforit di kota dengan dana dari pemerintah luar biasa, masih saja menarik dana besar dari wali muridnya, dengan alasan "Jer Basuki Mowo Beo", Kalau mau sekolahnya bermutu ya harus mengeluarkan dana lebih dong. Padahal di dalamnya sama saja atau jika berbeda tak jauh-jauh dari mata, yang jelas berbeda adalah dengan murid yang memang sudah memilki dasar intelegensi yang di atas rata-rata. harusnya sekolah yang faforit kadang tidak hanya study bandingnya ke luar Negeri juga perlu tuh ke sekolah yang seadanya agar mereka tidak seenaknya menarik dana dari wali muridnya.

Lagi-lagi jika kita sempat berpikir jangan sampai hasil UN dengan soal yang sama kwalitasnya antara sekolah yang muridnya di atas rata- rata, fasilitas mewah, guru Wah... dan dengan murid jauh di bawah rata-rata dengan fasilitas seadanya. Tentunya tidak bisa menjadi ukuran yang nyata bagaimana tentang gambaran hasil pendidikan yang ada. Bukan berarti sya menolak UN, karena belum ada jaminan juga bagaimna jika sekolah tidak ada UN..Jadi yang suka menolak UN harus kasih solusi yang jelas untuk pendidikan Negeri ini.

Belum lagi jika kita menganalisa bagimana ya pelaksanaan UN yang ada sebenarnya. Tentunya Bapak ibu guru sudah bisa merasakannya bagimana dalam pelaksananya jika Bapak ibu guru mengawasi di sekolah yang seadanya dan murid seadanya bisa membayangkan juga "Apa yang terjadi?".

Saat teman saya menunggui UN di hari Terakhir sesuai dengan bidang studinya IPA ada kejadian aneh menurut saya. Ada murid yang bertanya kepada saya. "pak mau tanya, boleh tidak?", silahkan jawabnya. Pak apa ya rumusnya ya untuk menyelesaikan soal fisika ini suliitt buanget je? dengan memberi pemakluman pada mereka,teman saya hanya menjawab dengan senyuman belaka.

Dan tentunya kasus di atas masih lebih baik di banding dengan sekolah-sekolah yang ada di pedalam sana dengan fasilitas yang masih jauh- jauh dan jauh dari harapan, dengan kwalitas guru seadanya, dengan alat transportasi yang seadanya juga.

Dengan membaca cerita di atas tentunya banyak PR bagi pendidikan di Negeri tercinta ini di mulai dari kwalitas pendidikan yang masih jauh dari harapan, fasilitas pendidikan yang masih belum memadai di berbagai daerah terpencil, pemeratan kwalitas guru,sistem yang masih perlu perbaikan dan lain sebagainya. Ayo kasih sumbangsih bagi Pendidikan Di Indonesia tidak hanya mencela saja tapi beri solusi bagi pengambil kebijakan yang ada.


"Tentunya tema pendidikan di atas harus diiringi dengan semangat dari seluruh komponen pendiddikan agar bisa terwujud seperti yang diharapkan, walau dengan PR yang masih banyak tentunya kita harus optimis untuk pendidikan di Indonesia dapat menjadi lebih baik lagi"