Dalam IPA tentunya dibutuhkan proses ilmiah sehingga siswanya harus mampu atau memilki kinerja ilmiah, nah cara menilai kinerja ilmiahdiperlukan penilaian kinerja ilmiah. nah bagaimna format knerja ilmiah di bawah ini merupakan contoh penilaian kinerja ilmiah dan kriteria pensekoarannya. semoga bisa membantu Bapak ibu guru yang sedang atau mau melaksanakan PLPG. Karena dalam PLPG tentunya seorang guru harus mampu menyusun lembar penilaian selain penilaian kognitif.
1. Penilaian Kinerja ilmiah
Judul Kegiatan | : Percobaan Mengidentifikasi Asam dan Basa |
Mata pelajaran | : IPA |
Kelas | : VII/II |
SK | : 2.Memahami Klasifikasi Zat |
KD | : 2.2. Melakukan percobaan sederhana dengan bahan-bahan yang diperoleh dalam kehidupan sehari-hari |
Nama siswa | : ______________________________ |
Kelas | : ______________________________ |
Waktu pengamatan | : ______________________________ |
| Aspek yang diamati | Skor | Jumlah skor |
4 | 3 | 2 | 1 |
1. | Pengetahuan tentang prosedur kerja | √ |
|
| | 4 |
2. | Ketepatan Memilih Alat dan Bahan |
| √ |
|
| 3 |
3. | Hasil Pengamatan | | √ |
| | 3 |
4. | Ketepatan menyusun laporan |
|
| √ | | 2 |
Total skor yang di capai | 12 |
Jumlah Skor maksimum | 16 |
Keterangan
4 : sangat kompeten
3 : kompeten
2 : cukup kompeten
1 : tidak kompeten
Penenetuan kriteria :
Skor 14 -16 : dapat ditetapkan Sangat kompeten
Skor 11-13 : dapat ditetepakan Kompeten
Skor 8 -10 : dapat di tetapkan cukup kompeten
Skor 4 -7 : dapat ditetapkan tidak kompeten
Rubrik Penilaian :
No | Kriteria | Skor (1-3) |
1 | Prosedur kerja · Jika selalu melakukan percobaan sesua dengan prosedur kerja yang benar · Jika Kadang siswa banyak bekerja sama kadang tidak bekerja sama · Jika hanya melakukan sedikit prosedur yang benar · Jika tidak melakukan sesuai dengan prosedur | 4 3 2 1 |
2 | Ketepatan memilih alat an bahan · Jika selalu memilih alat dan bahan yang tepat sesuai dengan petunjuk kerjanya · Jika sebagian besar memilih alat dan bahan dengan tepat sesuai dengan petunjuk kerja · Jika hanya sedikit saja yang tepat dalam memilih alat dan bahan yang sesuai dengan petunjuk kerja · Jika pemilihan alat dan bahan tidak tepat sama sekali | 4 3 2 1 |
3 | Pengamatan · Mengamati semua variabel dan mendapatkan data yang tepat · Jika sebagaian variabel diamati namun hasil tidak tepat · Jika hanya sedikit variabel yang diamati dan hasil kurang tepat · Jika tidak melakukan pengamatan | 3 2 1 |
4 | Penyusunan laporan · Jika laporan disusun dengan sistematis dan tepat kesimpulanya · Jika laporan dibuat dengan sistematis namun kesimpulan kurang tepat · Jika laporan dibuat kurang sistematis dan kesimpulan kurang tepat · Jika hasil laporan tidak sistematis dan tidak tidak tepat | 4 3 2 1 |