Kamis, 16 Agustus 2012

Memaknai HUT Kemerdekaan RI tidak Hanya Sekedar Upacara Bendera


Seperti biasa tanggal 17 Agustus di seluruh antero negeri ini memperingati hari kemerdekaan RI ke 67 dengan melakukan upacara bendera. Baik itu di instansi pemerintah, swasta semuanya mengadaakan Upacara bendera, dengan Tema HUT ke-67 RI "Dengan Semangat Proklamasi 17 Agustus 1945, Kita Bekerja Keras untuk Kemajuan Bersama, Kita Tingkatkan Pemerataan Hasil-hasil Pembangunan untuk Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia.". Terlepas dari tema HUT RI ke 67 yang ada menjadi pertanyaan Apakah dalam memperingati hari besar ini cukupkah hanya sekedar dengan puasa. tentunya jawabnya tidak?

Banyak PR bagi mnegeri ini tertuma dengan generasi muda kita yang sekarang berbeda dengan generasi jaman dahulu kala yang begitu bangga dengan Indonesia. Ketika hari peringatan tiba tidak hanya mengadakan lomba-lomba seremonial saja namun mereka selalu siap dengan kegiatan-kegiatan yang menunjukan semangat juang para generasi pendahunya.

Coba lihat sekitar kita bagaimna kondisi sekarang generasi muda kita, kebanyakan mereka hanya duduk-duduk saja, tanpa ada rasa bangga akan Indoensia, dan tidak memaknai hari kemerdekaannya. Sungguh sia-sia jika kita ikut terlena dan membiarkan mereka tidak berkarya, tentunya tidak ada salahnya jika negeri tetangga mulai menghina kita dengan mengakui adat budaya kita karena kita sudah tak lagi bangga dengan hasil karya kita.

Apalagi saat bulan puasa tiba alasan demi alasan dia buat dengan rantai kata-kata, dengan rasa capeknya, rasa malasnya dengan tameng puasanya. Mereka hanya banyak todur..tidur dan tidur atau sekedar batau ngelamun ngalur ngidul tidak ada jalur. MasyaAllah... tentunya generasi seperti ini yang tidak kita harapkan. Ke depan harus ada peruabahan yang nyata untuk generasi muda kita, mereka harus kita berdayakan agar mereka mau untuk berkarya dan berkarya , dantentunya mau berdoa, jika negeri ini mau jaya.

Jadi teringat denagn contoh Bapak kita, yang fotonya ada di bawah ini, yang menjadi kebanggaan dengan kedisiplinanya, dengan teguhnya, dan dengan didikannya banyak anak yang sudah menjadi orang yang berguna, dan tentunya karena selalu memberikan contoh yang nyata dalam berkarya walau sudah tua mau menjadi pemimpin upacara.
Semangat Untuk membina Anak Didiknya Luar Biasa
Mari generasi muda kita maju bersama
Tidak hanya memaknai hari kemerdekaan kita hanya dengan upacara saja
kita selalu menghormat ke bendera namun kita membelakanginya
Atau dengan kegiatan simbolis dan rutinitas biasa
Kita harus membuat karya-karya nyata dan tidak hanya berkelakar saja
Buanglah rasa kemalasan Anda , dan pupuklah semangat generasi tua kita
Dalam meraih kemerdekaan negara.
Agar Negeri ini jaya raya
Kita harus bangga dengan negeri tercinta
Semoga dengan semangat yang menyala
Nantinya banyak generasi muda Indoensia yang mendunia

Selamat

Presentasi hasil Kerja

Presentasi hasil kerja siswa sangat diperlukan agar siswa mampu untuk mengembangkan sikap ilmiah selain itu siswa melatih keberanianmengungkapkan pendapatnya.

Banyak anak yang tidak bisa bicara secara ilmiah ketika dia ada di depan kelasnya dengan latihan maju ke depan untuk mempresentasikan hasik l kerjanya maka siswa akan melatih ber bicara. jika hal ini dialkukan secara kontinyu saya yakin anak indonesia akan lebih berkualitas tidak hanya menjadi kacung atu TKI/TKW Malaysia atau Arab yang kadang tidak memilki daya untuk melakukan sesuatu karena mereka hanya seorang pembantu.

Hal ini juga dapat di jadikan penilaian di kelas sehingga penilaian dalam bentuk uraian soal pilihan ganda yang diagung-agungkan dengan UNnya akan berkurang. walau membutuhkan energi yang lebih bagi gurunya. namun hal ini dapat di atasi dengan cara penilaian teman sebaya selanjutnya anak disuruh merangkumnya, sehingga tugas guru menjadi lebih ringan selain melatih untuk memberikan penilaian antar teman dan obyektivitas. selamat mencoba kawan

Rabu, 15 Agustus 2012

Apa Perbedaan Kelajuan, Kecepatan dan percepatan

Mobil-mobilan  berpindah 
Sebelum kita belajar perbedaan antara kelajuan dankecepatan marilah kita belajar tentang perpindahan dan jarak, karena perpindahan dan jarak ini yang melandasi perbedaan anatara kecepatan dan kelajuan. Jika dalam animasi di atas  mobil tersebut dari A -B bergerak adalah 5 meter  dan dari B - C adalah 2 meter berapakah perpindahan dan jarak benda?

A. Perpindahan dan Jarak Dalam keseharian kita sulit membedakan antara perpindahan dan jarak. Kali ini kita akan mengetahui apa perbedaan antara perpindahan dan jarak.
Perpindahan adalah besarnya jarak yang diukur dari titik awal menuju titik akhir sedangkan Jarak tempuh adalah Panjang lintasan yang ditempuh benda selama bergerak.

Contoh kasus adalah sebagai berikut ini, Seorang anak berjalan ke utara sejauh 3 km lalu bergerak timur tegak lusu sejauh 4 km. Berapakh jarak dan perpindahanya?



Jarak yang ditempuh siswa tersebut berarti keseluruhan lintasanyang ditempuh yaitu 3 km + 4 km = 7 km, sedangkan perpindahannya sepanjang garis putus-putus pada Gambar di atas , yaitu :



A. Kelajuan dan Kecepatan

Dalam keseharian kita tidak membedakan antara kecepatan dan kelajuan, namun dalam fisika kelajuan dan percepatan dibedakan. Perbedaannya adalah sebagai berikut ini :

Kelajuan yaitu perbandingan antara jarak yang ditempuh dengan selang waktu yang diperlukan benda. Sedangkan Kecepatan adalah perpindahan suatu benda dibagi selang waktunya.

Jadi  kelajuan adalah besaran skalar yaitu besaran yang hanya memiliki nilai sedangkan kecepatan  adalah besaran vector yaitu selain memiliki nilai juga memiliki arah :
Kelajuan hanya mempunyai nilai tapi tidak mempunyai arah.
Contoh: Mobil bergerak dengan kelajuan 50 km/jam
Kecepatan selain mempunyai nilai juga mempunyai arah.
Contoh: Bola dilempar ke atas dengan kecepatan 30 km/jam

Dalam fisika kecepatan dirumuskan dengan persamaan sebagai berikut ini :



v = kecepatan benda, satuan m/s
s = perpindahan yang ditempuh benda, satuan m
t = waktu yang diperlukan, satuan sekon (s) atau detik

C. Kecepatan rata-rata
Kecepatan rata-rata yaitu hasil bagi/perbandingan antara jarak total yang ditempuh benda dengan selang waktu untuk menempuh jarak tersebut. Kecepatan rata-rata dirumuskan sebagai berikut ini :

D. Percepatan

Suatu benda akan mengalami percepatan apabila benda tersebut bergerak dengan kecepatan yang tidak konstan dalam selang waktu tertentu. Misalnya, ada sepeda yang bergerak menuruni sebuah bukit memiliki suatu kecepatan yang semakin lama semakin bertambah selama geraknya. Gerak sepeda tersebut dikatakan dipercepat.

Jadi percepatan adalah kecepatan tiap satuan waktu. Secara matematis dapat ditulis sebagai berikut.:
a : percepatan, satuan m/s2
∆v : perubahan kecepatan, satuan m/s
∆t : perubahan waktu, satuan (s)

Percepatan merupakan besaran vektor. Percepatan dapat bernilai positif (+a) dan bernilai negatif (-a)
bergantung pada arah perpindahan dari gerak tersebut. Percepatan yang bernilai negatif (-a) sering disebut dengan perlambatan. Pada kasus perlambatan, kecepatan v dan percepatan a mempunyai arah yang berlawanan.

Ayo berlatih dan uji kemampuanmu di sini, jangan ketingalan dengan baca materi yang lainnya!
Photobucket►Soal&PembahasanPhotobucket►Uji KompetensiPhotobucket►Daftar Materi IPA

Hasil Ulangan Harian Kelas 8 C - 8 F

Murid-muridku SMP N 1 Gabus yang Hebat, Seperti janji saya kemarin untuk kali ini nilai hasil ulangan harian Kelas 8 Gaya dan Perpindahanya akan saya Upload di Blog Guru IPA Pati, hal ini agar kalian dapat melihat peta hasil ulangan dari kelas lain yang Mr. Widi ajar, semoga dengan ini dapat menjadi motivasi bagi anak didikku sekalian,untuk menjadi lebih baik.

Namun untuk kali ini yang saya upload adalah nilai hasil ulangan untuk anak-anak yang tuntas saja, seperti harapan kalian. Moga-moga ke depannya bisa lebih banyak yang bisa masuk di blog Pak widi karena lebih banyak yang tuntas pada ulangan yang lainnya. Untuk yang belum tuntas jangan berputus asa, harus beusaha lebih keras lagi belajarnya, dan saya yakin kalian bisa, mungkin hanya kurang dalam belajarnnya. Tetap Semnagat Salam Sains dari Guru IPA Pati

Daftar Nilai Peserta Didik yang Tuntas
1. Kelas Energik
No
Nama
Kelas
Nilai
1
Siti Miasepti
8C
100
2
Junaedi Dwi A
8C
91
3
Shabila Sulishanie
8C
89
4
Devita Octaningtyas
8C
83
5
Mahardika Megarani
8C
83
6
Puput Wulandari
8C
83
7
Risa Ayu Wardani
8C
83
8
Susiana Ade F
8C
77
9
Novia Candra Puspita
8C
74
10
Mirratunisyia
8C
74
11
Siti Maysyaroh
8C
74
12
Devi Purti
8C
73
13
Endah Nur W
8C
73
14
Avuta Lianda
8C
73
15
Mia Ilobia
8C
72
16
Adelia Diyah
8C
72
2. Kelas Semangat
No
Nama
Kelas
Nilai
1
Putri Ariyanti
8D
94
2
Adi Susanto
8D
80
3
Vinky Audia
8D
80
4
Akmad Maulana
8D
77
5
Gita Komala
8D
77
6
Andi Suginarto
8D
74
7
Untung C
8D
74
8
Gustri Windayani
8D
74
9
Garin Naufal Hidayat
8D
72
10
Devi Novita Sari
8D
72
11
Susi Sundari
8D
72
3. Kelas Hebat
No
Nama
Kelas
Nilai
1
Arief Maulana
8E
91
2
Diah Amelia B.S
8E
89
3
Alda Ayu Malyahadi
8E
89
4
Nur Alifah
8E
89
5
Aimatul Mufidah
8E
86
6
Gilang Eka Pradana
8E
83
7
Usawatun Khasanah
8E
83
8
Septian Berliana D
8E
83
9
Isna luthviana
8E
80
10
Rizky Eka Prasetyawan
8E
80
4. Kelas Kreatif
No
Nama
Kelas
Nilai
1
Iin karlina
8F
94
2
Tauky Rohman Muzaki
8F
91
3
Lely Kusumastuti
8F
91
4
Rico Gianza Renaldy
8F
89
5
Cahyono Putro
8F
86
6
Edwin Sukowati
8F
84
7
Alfian F
8F
80
8
Yoga Satria
8F
80
9
Laudy Fernanda
8F
80
10
Azizol Dika
8F
72
5. Kelas Motivasi
No
Nama
Kelas
Nilai
1
Bajang
8G
91
2
Anissa Rahmayanti
8G
91
3
Robet Alkahfi
8G
86
4
Aldy Shofiyyul Numam
8G
83
5
Siswanto Utomo
8G
80
6
Eko Andre Pratama
8G
77
7
Susanti
8G
77
8
Naillah Izzah Septiana
8G
76
9
Riza N. F
8G
76
10
Davi Bagus Andriyanto
8G
72
11
Rosita Talia A
8G
72
6. Kelas Inovatif
No
Nama
Kelas
Nilai
1
Diyah Ayu Ardiantik
8H
99
2
Aldo Roby Haqiqi
8H
94
3
Slamet Widodo
8H
91
4
Himawan Aldianto
8H
91
5
Moh Iqbal Agung
8H
89
6
Febrianto H.S
8H
80
7
Actino Ekowahyu
8H
77
8
Agus Nugroho
8H
77
9
Muhammad Rifai
8H
77
10
Rehandika P
8H
72
11
Nadyatul Alifah
8H
72
12
Putri Ayu A
8H
72


Untuk yang belum tuntas silahkan berlatih dan uji kemampuanmu di sini, lihat juga materi gaya dan hukum Newton di sini!