Kamis, 30 Agustus 2012

Video Peristiwa Penguapan

Ini iadalah salah satu video latihan presentasi anak didik saya yang paling Hebat Mbak Ainun namannya jago Fisika, pernah juara 2 tingkat kabupaten, pernah menjadi finalis lomba di UNDIP dan di UNNES, pernah juga tuh menjadi duta wakil kabupaten pati untuk mewakili lomba olimpiade Fisika tingkat SMP.
kali ini Mbak Ainun ingin mempresentasikan proses terjadinya penguapan. semoga bermnfaat bagi anak didikku dan guru-guru yang lainnya.


Untuk mendonloadnya silahkan klik tautan di sini lalu klik file download



Rabu, 29 Agustus 2012

Menjadi Pengurus MGMP IPA kab. Pati 2012-2015


Pada tanggal 29 Agustus 2012 di Rumah makan dan Pemnacingan Sumber Urip Kab. Pati di adakan serah terima jabatan dari kepengurusan lama ke pengurusan baru MGMP IPA Kab. Pati. dari ketua MGMP IPA Bapak Bambang Susilo, S,.Pd ke Bapak Sularto, S.Pd.

Dalam acara itu ada sambutan yang menarik yang di sampaikan oleh Bapak Bambang Susilo,S.Pd berhubungan dengan perjuangan beliau dalam mengembangkan MGMP IPA Kab. Pati dari awal sampai akhir yang tentunya cukup memberikan semangat bagi kepengurusan baru untuk mengambangkan MGMP IPA Kab. Pati kedepannya menjadi lebih baik ke depannya

Dalam sambutan kedua oleh Ketua MGMP Bapak Sularto, S.Pd menegasakan kesiapannya untuk mengembangkan dan memajukan MGMP dengan kepenguruan yang ada dengan personel gabungan antara yang muda dan yang tua diharapkan ada sinergi yang memberikan gaya yang baru dan semangat untuk mengembangkan pendidikan IPA di kab. Pati khususnya.

Dalam kesempatan yang lain juga di bahas tentang rencana program paling dekat dengan mengadakan bimtek PTK yang di harapkan memberikan wadah bagi- guru-guru untuk belajar PTK selain itu persiapaan ke depannya untuk PKB dan tentunya diharapkan dihasilkan banyak PTK yang berkualitas danbukan hanya proposal saja seperti pelatihan-pelatihan yang ada saat ini setelah proposal selanjutnya wasalam.

Dalam kesempatan itu juga dibacakan susunan pengurus MGMP periode 2012-2015. Dan saya mendapatkan jatah untuk menjadi Seksi Seksi Dokumentasi dan Pelaporan, semoga amanah ini sesuai dengan kemampuan yang saya miliki dan dapat bermanfaat bagi saya juga untuk menambah saudara, menambah ilmu dengan banyak belajar dari senior yang sudah banyak makan garam di dunia organisasi ini.

Kamis, 23 Agustus 2012

Animasi Gaya tak sentuh


Animasi gaya tak sentuh dibawah ini semoga dapat memberikan manfaat kepada anak didiku yang baru belajar gaya. animasi ini diu buat denganpowerpoit 2012,




Tip Membuat Simbol Untuk Status Facebook atau Posting Blog

Untuk bapak ibu guru yang pecinta  blogger atau ingin menggunakan untuk pembelajarn pada facebook kita  khususnya guru fisika atau matematika kadang-kadang merasa kesulitan dalam menuliskan simbol saatb posting atau mengetik status pada  facebook kita.  Untuk kali ini  Guru IPA pati akan  memberikan trik untuk menuliskan simbol pada postingan blog atau status facebook kita.

Langkah-langkahnya sebagai berikut ini!
1. Klik star pada PC atau komputer kita  dan ketika  run padan menu searc lalutekan enter
2. Klik charmap pada  open run
3. klik advanced view
4. Pilih simbol yang kita inginkan
5. Klik buton  select
6. Klik buton  copy


7. Kemudian setelah itu silahkan ke menu posting atau menu facebook dan pastekan kode tersebut ke dalamnya dengan tekan ctrl-v.  misalnya seperti contoh simbol ini yang sering digunakan dalam fisika ( ρ,Ω,β,°,µ, ²³,∆,∑,∞,ℓ,¼¾½⅓⅔⅜⅛,≈,≤,≥,±,<,>,=,%,♂,♀,♫,√)
8. Bisa juga dengan mengetikkan keystroke yanga ada di pojok seperti gambar  di bawah ini pada keypad kita.



Semoga bermanfaat,  bagi guru seluruh Indonesia salam pendidikan dari Guru IPA Pati 
Jangan lupa komentarnya!

Belajar IPA dengan Media di Sekitar Kita

Banyak  media  di sekitar kita yang dapat kita  dari yang sederhana sampai dengan yang komplek dari kertas sampai dengan teknologi. nah kali ini saya akan memberikan sebuah  untuk membuat media dari yang sederhan di sekitar kita.
Belajar IPA dengan media  di sekitar kita

Suatu saat saya akan mengajar IPA tentang tema  gaya meruabh bentuk benda, kadang anak-anak sering lupoa atau malas  untuk membawa sesuatu dari rumah untuk praktek,  sehingga ketika pelajaran berlangsung anak-anak tidak siap dengan praktek yang ingin saya lakukan. dengan ide cepat saya mengambil ide, pada kesempatan itu saya awalai dengan mengajak siswa untuk belajar tentang gaya dapat mengubah bentuk benda.

Anak-anak karena kalian tidak membawa barang atau benda untuk praktek sekarang sobek kertas kalian, bagin tengah, selanjutnya kalian bagi menjadi dua yang rapi ya. Dipikirnya anak-anak karen atidak emmabwa tugas mau ulangan mendadak. ada salah satu anak yang bertanya "mau ulangan ya pak?". saya menjawab "menurut kalian bagaimna?, apakah kalian mau ulangan hari ini?", jawab serentak anak-anak "tidak pak".

Nah dengan kertas tadi kalian masih ingatkah pada waktu kecil kalian pernah membuat pesawat-pesawatan, sekarang kalian buat pesawat itu.  dan jangan lupa karena kalian tidak tertip maka kalian tulis kesalahan kalian dan tulis pula kata-kata motivasi di atasnya utnuk merubah sifat kalian.  dengan itu anak-anak sangat antusias belajar walau ada beberapa yang menganggap hal ini seperti anak kecil namun di akhir mereka sangat tretarik dengan apa yang saya lakukan.

Dengan pesawat tadi kita akan belajar tentang gaya dapat mengubah bentuk benda, coba sekarang siapkan terbangkan pesawat kalian dan jangan lupa teriak yang keras untuk merubah sifat kalian dengan apa yang kalian tulis di atasnya tadi. ketika mereka teriak  keras dengan ini maka terliahat mereka tidak tegang dengan pelajaran dan merasa enjoy. 

Dengan kasus ini kita bisa melihat bahwa ketika kita tidak siap akan media yang ada kita bisa menggunakan media yang ada di sekitar kita untuk belajar IPA. seperti terlihat foto-foto di atas terlihat bagaimna kecerian mereka. jika tidak percaya silahkan anda coba. Dan bapak ibu guru bisa mencoba dengan media yang lain ketika suatu saat menghadapi kendala seperti saya tadi.

Selamat mencoba  semoga bermanfaat untuk bapak ibu guru di seluruh Indoensia. Salam hangat dari Guru IPA Pati

Selasa, 21 Agustus 2012

Kumpulan Animasi-Animasi IPA

Di bawah ini adalah sebagain gambar-gambar animasi atau gif yang saya buat, dengan animasi ini mungkin bisa membantu memudahkan siswa dalam mehami konsep atau prinsip-prinsip fisika, Walau sangat sederhana  semoga bisa bermanfaat bagi anak didikku dan bapak ibu guru semoga di seluruh Indoensisa. Salam semanagat dari guru IPA pati. mari berlajar IPA dengan senang hati maka IPA akan lebih asyik untuk dipelajari.  Untuk melihat materinya silahkan klik judul tulisan di bawah ini

Gambar  prinsip pascall (koleksi Guru Ipa Pati)
2. Usaha  bernilai nol 
Usaha nol karena tidak mengalami perindahan 


3. Tekanan zat padat
Gambar Animasi Tekanan pada kayu (Koleksi guru IPA Pati)


Orang mendorong  gerobak 


Cara melukis gaya (koleksi Guru IPA Pati)

Cara melukis gaya searah (koleksi Guru IPA pati)
8. Pesawat Sederhana ( jungkat-jungkit)
Animasi jungkat-jungkit


9. Mengukur volume batu
mengukur volume benda tidak beraturan

Contoh Penilaian Sikap Dalam Pembelajaran IPA

Kadang kita membutuhkan nilai- nilai yang bukan kognitif dalam pembelajaran IPA, agar siswa juga mengargai sikap maka diperlukan penilaian kinerja sikap . Penilaian sikap ini dapat kita laksanakan saat siswa penilaian dan kriteria penilaian adalah sebagai berikut


2. Penilaian Sikap
Judul Kegiatan
: Percobaan Mengidentifikasi Asam dan Basa
Mata pelajaran
: IPA
Kelas
: VII/II
SK
: 2.Memahami Klasifikasi Zat
KD
: 2.2. Melakukan percobaan sederhana dengan bahan-bahan yang diperoleh dalam kehidupan sehari-hari
Nama siswa
: ______________________________
Kelas
: ______________________________
Waktu pengamatan
: ______________________________


No
Aspek yang diamati
Skor
Jumlah skor
3
2
1
1.
Kerja sama


3
2.
Kedisiplinan


2
3.
Ketelitian


2
4.
Tanggung jawab


3
Total skor yang di capai
10
Jumlah Skor maksimum
12




No
Kriteria
Skor (1-3)
1
Kerjasama
· Aktif kerjasama dengan baik dengan temannya
· Kadang bekerja sama kadang tidak bekerja sama
· Tidak mau kerjasama

3
2
1
2
Kedisiplinan
· Masuk laboratorium tepat waktu
· Terlambat kurang dari 5 menit
· Terlambat lebih dari 5 menit

3
2
1
3
Ketelitian
· Teliti menggunakan alat dan teliti dalam pengumpulan datanya
· Teliti dalam menggunakan alat namun tidak teliti dalam pengumpulan datanya
· Tidak teliti menggunakan alat dan tidak letiti mengumpulkan datanya

3
2
1
4
Tanggung Jawab
· Mengerjakan tugas dengan baik dan tepat waktu
· Mengerjakan tugas dan hasil kurang baik namun tepat waktu
· Tidak mengerjakan tugas

3
2
1